Selasa, 16 Agustus 2011

Daftar Film Tentang Sejarah Islam Yang Bagus Buat Di Tonton


Film the ten commandement.
masih ingat dengan kisah Nabi Musa yang bersama kaumnya diperintahkan oleh Allah untuk meninggalkan Mesir. Ketika telah sampai di tepi Laut Merah, Allah memerintahkan Nabi Musa untuk memukulkan tongkatnya hingga laut luas yang berada di hadapan mereka terbelah membentuk jalan dengan dua dinding air yang tinggi. Pernahkah anda membayangkan betapa dahsyatnya kejadian tersebut?

FILM THE MESSIAH 2009 " alqur'an version
the messiahnih film spektakuler banget deh . banyak protes dari kalangan agama nasrani dunia . berkisah tentang nabi ISA as ( jesus ) versi alqur'an . apa yg ada didalam kitab suci al-qur'an serta didukung dari beberapa kitab tafsir divisualkan di film ini .. ini film kolosal . dan menceritakan bahwa ISA sama sekali tak disalibkan , tapi .. digantikan oleh sipengkhianat JUDAS dg wajah yg diserupakan oleh ALLOH dengan wajah nabi ISA . seru deh pokoknya .
FILM " UEIS EL-QARANI " ( aa 2 versi film . thn 1997 dan 2007 )
ueismasih adakah manusia yg punya rasa cinta yg hakiki pada ALLOH dan Rasul-nya seperti si-ueis ini ? masih adakah se-orang anak yg sangat mencintai sepenuh hatinya pada ibundanya seperti ueis ini ?
nih film sangat baik dalam kisah dan penggarapannya . kisah nyata !! kisah pemuda yg hidup dijaman NABI MUHAMMAD SAW .
ayahnya dah meninggal . tinggal ibunya yg dia miliki . dia rawat dan jaga ibundanya dg kasih sayang . bahkan menggendongnya.
suatu ketika , dia mendengar ada seorang nabi dimadinah yg mengajak manusia pada islam . tanpa berpikir panjang , dia langsung mengikuti ajakan nabi . meski dia g' seperti tetangga lainnya yg bisa bertemu langsung dg baginda nabi . itu karena waktunya dia habisin buat ngejaga dan merawat ibunya . sedang tempat dia dan tempat nabi ( madinah ) sangat jauh baget . yaaah .. kalian bisa bayangin antara negara yaman dan kota madinah ? .
so , tiap hari dia tuh selalu menahan rasa rindu yg sangat ingin bertemu nabi , tapi g’ tega ninggalin ibundanya . hingga suatu hari sang ibu ngerasa kesihan pd putranya itu . sang ibu menyuruh-nya tuk berangkat ke madinah agar putranya bisa ketemu nabi dan terobati rasa rindunya .
susah payah dia berjalan kaki kekota nabi , madinah . berhari-hari siang dan malem tanpa istirahat . dg harapan segera bertemu dg nabi. tapi ... ? ternyata dia g’ ketemu baginda nabi , karena beliau masih belum pulang berperang . dg lemas dia kembali kekampungnya . karena ibunya tlah berpesan pdnya agar jangan lama-2 dan segera pulang .
hmmm . . . . sedih deh ngeliat nih film. meski se-umur2 ga’ pernah bertemu baginda nabi , namun nabi berpesan pada kedua sahabat ter cintanya , umar bin khottob dan ali bin abi tholib . jika suatu ketika bertemu dg pemuda yg bernama ueis dg ciri2 yg tlah di- gambarkan nabi , maka mintalah do'a padanya . sebab para penghuni langitpun sama memujinya .
FILM " NABI YUSUF AS-SIDDIQ A.S "
YSFnih film bukan versi nasrani . but ! versi al-quran or islam . bagus kan ? kisah film dimulai da'wah nabi ya'qub bin ishaq . hingga beliau dianugrahi seorang putra bernama YUSUF as .
film nabi yusuf ini dimulai saat beliau masih bayi sampai hingga dewasa. aku tuh , paling jengkel ama saudara2-nya yg ngerasa iri pada nabi yusuf dan melemparkan beliau ke sumur . sebelumnya disiksa dulu lagi ! . huuh !!! g' tega aku ngeliat-nya . tapi ALLOH ngasih hikmah pd kejadian itu . selama yusuf kecil berada didalam sumur sendirian , beliau banyak yg mengunjunginya . ada jibril , nabi NUH as dll .
FILM " AS-SYEIMA " ( saudari persusuan nabi muhammad saw )
syaimakalian dah pernah denger ketika nabi MUHAMMAD SAW masih bayi disusuin ama wanita yg bernama halimatus-sa'diyah ? . ya ! betul ! kalian udah tau rupanya . nih film berkisah tentang perjuangan putri halimah sa'diyah (saudari persusuan nabi), syeima' namanya .
berkisah tentang pembelaan syeima pd nabi ketika banyak orang kafir yg menginkari kenabian beliau . bahkan terhadap suaminya sendiri yg ikut me nentang nabi . syeima terkenal sebagai seorang pelantun pujian terhadap ALLOH dan nabi . lewat lantunan suara merdunya dia berjuang . bahkan mempertaruhkan nyawanya .
FILM " SAYYID ALI SAMARQANDI "
samarqandiFilm ini berkisah tentang seorang wali yang banyak "karomahnya" . beliau berpenampilan seperti layaknya seorang pengemis hingga banyak orang yg g' tau jika beliau adl seorang wali-ALLOH .
' karomah ' yg ditampilkan dlm film ini sebagian adalah :
beliau mengetahui bahaya yg akan menimpa diwaktu yg akan datang pd orang lain . beliau menolong orang yg terbelenggu hutang. dg mengambil air laut dg tangan beliau dan dg izin ALLOH air itu berubah menjadi permata .
ada seorang hakim kota yg tak percaya kewaliannya , maka dia buktikan dg memindah letak gunung dihadapan orang banyak . dan lain-2nya deh .
FILM " ROBI'AH AL-'ADAWIYAH " ( 4 VERSI )
robiah ilk kadi evliya
robiahfilm robi'ah ada 4 versi dan berbeda tahun pembuatannya. film ini layak ditonton oleh kaum wanita . Siapa yg tak mengenal Robi'ah ? karena Robi'ah adalah satu2-nya wanita yg dapat meng-ungguli derajat kewalian para wali dari golongan lelaki .
hidup dizaman raja harun rasyid ( abbasiyah ) . jika secara umum para wali punya jalan ke-imanan melalui syariat , ma'rifat dan haqiqat , maka tidak bagi robi'ah . beliau berjalan dg landasan iman MAHABBAH ( pecinta ALLOH ).
kita akan tahu seperti apa iman mahabbah itu melalui do'a beliau :
" OH ALLOH KEKASIHKU , NERAKA ITU MASIH LEBIH BAIK UTK-KU , DARIPADA KAU BUAT AKU MELUPAKAN-MU MESKI HANYA 2 DETIK SAJA, TERSIKSA RASANYA " .
kisah beliau dari ke 4 film ini :tentang wanita yg sejak kecil hidup dalam kemiskinan dan kedua orang tuanya meninggal. dia selalu ber-angan2 bisa jadi orang kaya seperti seorang artis yg terkenal bernama 'aliyah. hingga akhirnya dia pergi ke-kota baghdad untuk mengadu nasib disana .
karena kecantikannya , hingga banyak lelaki hidung belang yg ingin memilikinya. hingga film ini menggambarkan dikala robi'ah menjadi sosok wanita yg rusak, pemabuk dan keras kepala. dia juga berhasil menjadi penyanyi terkenal kelas atas .
singkat kisah hingga robi'ah bertemu dg seorang ahli sufi / wali yg bernama syubban murid dari al-imam hasan basri . melalui proses yg tak mudah dan menyakitkan , akhirnya beliau menjadi wanita pecinta ALLOH yg tiada tanding kala itu .
banyak karomah atau kejadian yg diluar akal normal pada robi'ah setelah bertaubat . bisa jadi penonton film ini akan menangis mengikuti perjalanan hidup beliau .dari ke-4 CD , semuanya berdurasi rata 2 jam dg kisah yg berbeda dan menarik
FILM KOLOSAL " PERJALANAN NABI MUHAMMAD SAW " ( keluaran thn 2008 )
QBNH 1berkisah perjalanan nabi sejak beliau lahir hingga wafat beliau . urutan kisah secara ringkasnya begini :
- berkisah tentang abd.mutholib ( kakek nabi ) yg mendapat mimpi agar menggali sumur zamzam .- kisah nadzar abd.mutholib yg mengorbankan abdulloh ( ayah nabi ) utk disembelih didekat ka'bah .- kisah rencana sampai kedatangan raja abrohah untuk menghancurkan ka'bah dan digagal-kan oleh ALLOH dg mengirim ribuan burung ababil .- kisah kejadian2 yg terjadi menjelang kelahiran nabi .- kisah masa bayi nabi yg disusui halimah sa'diyah hingga terjadinya dibedahnya dada beliau oleh 2 malaikat untuk dibersihkan dg air dari surga .- kisah pendeta bahiro yg menyuruh abi tholib agar membawa pulang muhammad kecil kemakkah saat berdagang disyam karena khawatir jika ketahuan org2 yahudi akan membunuh muhammad kecil itu .- hingga kisah ini berlanjut sampai turunnya wahyu pertama dan ter-utusnya beliau menjadi se-orang rosul .- kisah berlanjut cara penyebaran islam pada pertama kali secara sembunyi2 hingga penyebaran secara terang2-an . banyak ejekan dan penyiksaan yg dilakukan oleh kafir qureish terhadap diri nabi dan sahabat-2 nya .- kisah nabi di-isro' kan lalu dimi'roj-kan .- diperlihatkan beberapa mu'jizat nabi spt membelah bulan dll .- kisah hijrah pertama ke-habasyah hingga hijrah kedua ke-yastrib ( madinah )- kisah tatacara nabi dalam membentuk sebuah pemerintahan islam dimadinah yg begitu luar biasa .- hingga terjadilah perang badar , uhud , mu'tah dll .- kisah fat-hu makkah dan haji terakhir nabi .- wafatnya nabi yg membuat para sahabat gempar .
ni film sangat panjang banget . 30 seri bo' . kolosal dan biaya sangat banyak . melibatkan artis-2 jazirah arab .
FILM " HAYAT QAIS EL-HARANI "
Qais el haranifim ini berkisah tentang salah satu dari waliyulloh abdal yg hidup dimasa pemerintahan sholahuddin al-ayyubi .
beliau bernama el-harani . banyak karomah yg beliau tampakkan di-film ini . seperti berjamaah subuh di-turki ( negara beliau ) lalu pergi mengajar kemadinah pagi itu juga . sebelum matahari terbit sudah sampai madinah ( saudi arabia ).
ada salah satu muridnya yg mengikuti beliau dari belakang . dan ternyata ? bukan sebuah perjalalan yang biasa ternyata . salah satu karomah beliau adalah bisa tahu apa yg ada didalam hati orang lain yg ada dihadapannya . itulah sekelumit kisah film ini .
FILM " ABDULLAH BIN ABDUL MUTHALIB "
Onun BabasıFilm berkisah tentang kehidupan orang tua nabi kita MUHAMMAD SAW ( sayyid abdulloh dan sayyidah aminah ) .lewat mimpi abdul mutholib diperintah menggali sumur zamzam yg terpendam ribuan tahun didepan ka'bah . karena sudah adat orang arab memiliki banyak anak lelaki adalah sebuah kegagahan. lalu abdul mutholib ber nadzar jika punya anak lelaki berjumlah 10 , maka akan dia korbankan salah satunya dg disembelih didepan ka'bah .
setelah di-undi ke-10 anak2nya siapa yg dikorbankan, ternyata abdulloh yg terpilih. kisah penyembelihan abdulloh yg terselamatkan oleh ke-adilan ALLOH . pertunangan abdulloh bin abdul mutholib dg wanita cantik dan mulia aminah binti wahab .
resepsi / pesta perkawinan abdulloh dan aminah .2 bulan setelah perkawinan , abdulloh pergi berdagang dan meninggal dunia di-abwa' ( sebuah desa dimadinah) saat suaminya meninggal , aminah sudah hamil muda . yang nantinya bayi itu adalah :BAGINDA NABI MUHAMMAD SAW .wah , nih film sejarah islam banget . wajib kita tahu .durasi film 2 jam lebih .
FILM " NABI NUH A.S "
nabi nuhkita semua pasti tahu siapa beliau ? yup ! betul sekali . pinter deh kalian ... beliau adalah salah satu Rasul sesudah nabi idris as .nabi nuh as tuh adalah nabi pertama yg mendapat perintah berda'wah buat kaumnya dibumi . tau g' ? beliau tuh hidup hingga ber-umur 950 thn ( hmmmm ... )
beliau orangnya sabar banget . masak udah berda'wah selama tahun itu , pengikut beliau cuman 40 orang aja ... wah..3X . nah , sebab kemunkaran kaumnya itulah , akhirnya ALLOH memberi perintah pada beliau agar ngebikin sebuah kapal raksasa ... kalian pst dah ngerti kan kelanjutannya ? ,... oke deh .
FILM " NABI IBRAHIM EL-KHALIL A.S "
nabi ibrahimdalam film ini , ada nama2 selain nabi ibrahim yg udah kalian kenal baik . mereka adalah : NABI LUTH AS , NABI ISMA'IL AS , NABI ISHAQ AS , SARAH DAN HAJAR .
- kisah dimulai sebelum beliau di-utus ALLOH hngga ter-utusnya beliau . - pernikahan beliau dg sarah .- kisah beliau dalam menghadapi raja namrud .- beliau dilemparkan kelautan api .- terutusnya nabi luth .pokoknya film ini panjang hingga ke peristiwa penyembelihan putranya isma'il. dan diteruskan dg pembangunan ka'bah .
FILM " NABI MUSA A.S "
musaah , kalian pasti dah pada tau kisah tentang nabi musa . kisah nya dimulai : kelahiran beliau disaat raja fir'aun memberi perintah membunuh setiap bayi laki2 yg dilahirkan malam itu .
kehidupan beliau saat dalam istana fir'aun . terusirnya beliau dari istana . ter-utusnya beliau menjadi seorang nabi di gunung thursina' . da'wah beliau dg nabi harun dihadapan raja fir'aun. beberapa mu'jizat beliau yg diperlihatkan begitu dahsyatnya seperti : membelah laut , tongkat menjadi ular dll . thanks – abi
FILM " SYEIKH MA'RUF EL-KARKHI "
maruf karkhiMa'ruf al-Karkhi adalah salah satu wali besar dizamannya . apabila melihat pelaku maksiat ia selalu mendoakan mereka agar diampuni dan mengharapkan mendapat rahmat. Ia berkata:
"Sesungguhnya Allah mengutus Nabi Muhammad saw. untuk menyelamatkan umat manusia dan menjadi rahmat bagi mereka. Sedangkan setan diciptakan untuk membinasakan dan mencelakakan mereka."
Sekelompok orang lewat di depan Ma'ruf al-Karkhi dalam sebuah perahu di sungai Tigris. Di tangan mereka minuman khamar dan sejenisnya. Ditanya apakah ia tidak mendoakan kepada orang-orang yang melakukan makslat itu? . ia lalu mengucapkan:
"Ya Alloh sebagaimana Engkau gembirakan mereka di dunia, maka gembirakanlah mereka di akhirat."
Orang-orang pun berkata: "Yang kami minta adalah agar Anda mendoakan buruk untuk mereka, tetapi Anda mendoakan baik untuk mereka! "
Ia lalu berkata :
"Aku berlindung kepada Allah untuk mendoakan buruk kepada seseorang muslim dan sesungguhnya Allah tidak memberi kegembiraan kepada mereka kecuali jika bertobat di dunia dan diampuni dosa mereka. "
Ini adalah cara ia mendoakan. itu adalah sekelumit kisah dalam film ini .
FILM " MARYAM AS-SIDDIQOH " ( ibunda nabi isa as )
mariamnih film berkisah tentang ibunda nabi isa as yaitu maryam . bermula dari sejak beliau masih dalam kandungan ibundanya , yuhanna . hingga beliau dilahirkan . saat masih dalam kandungan , ibunda beliau bernadzar jika anaknya sudah lahir maka akan dia titipkan anak itu ke baitul-maqdis . namun ternyata yg lahir adalah bayi perempuan ( maryam ) .
tapi meski bayi itu perempuan , yuhanna tetap menitipkan putri kecilnya itu di baitul maqdis dibawah asuhan nabi zakaria as . banyak ke-anehan maryam saat dibaitul maqdis ,seperti ALLOH selalu mengirim buah2-an dari surga dikamar maryam , bisa menyembuhkan sakit atas azin ALLOH .
hingga maryam dewasa ( 16 thn ) . dan dikejutkan oleh kedatangan malaikat jibril untuk mengabarkan bahwa dirinya akan dianugrahi seorang anak lelaki dg tanpa sentuhan suami / lelaki .hanya cukup dg kalimat-NYA ( kun fayakuun ).
wah , film ini sangat bagus . versi alquran ( islam ) . hingga berlanjut sampai pd kelahiran ISA AL-MASIH ditengah cemo'ohan kaum yahudi dan bani isra'el .
film ini juga berkisah tentang kelahiran putra nabi ZAKARIA ( NABI YAHYA AS ) dari istrinya yg sudah sangat tua . durasi 2 jam .
FILM " IRINGAN PEDIH KARBALA' "
maokeb iba
g' ada kata yg bisa menceritakan detail film ini dg sempurna. hanya dengan menyaksikan , kita akan berlinang air mata . dan akan selalu teringat akan peristiwa karbala' . aku cuma bisa kasih informasi sedikit ttg film ini :
dulu , sebelum NABI MUHAMMAD SAW wafat , beliau berpesan pada istrinya, SALAMAH dg membawa botol yg berisi pasir padang karbala . beliau berkata :
" istriku , salamah , simpan botol berisi pasir ini baik2 . nanti jika pasir itu telah berubah menjadi merah darah , maka dihari itulah anak-ku ( cucuku ) HUSEIN akan dibunuh / dibantai oleh sekelompok orang durjana yg tak akan mendapatkan syafa'atku " .
dan peristiwa dikarbala' itulah yg terjadi . pembantaian besar2-an . hanya dg 72 orang yg sebagian adalah para kaum ibu , anak2 , bayi dan orang yg sudah tua menghadapi pasukan ubaidullah bin ziyad berjumlah -+ 4 ribu .
dipeperangan ini para cucu2 BAGINDA NABI yg berjumlah lebih dari 25 org dibantai habis-habisan . terlebih cucu nabi dari putra sayyidah fathimah yg bernama : HUSEIN terbunuh dg tak kurang 200 anak panah yg menancap di sekujur tubuhnya .
tetkala beliau bersimbah darah , masih sempat melawan dg sekuat tenaga . karena umur sudah 60-an , maka tak mampu banyak ber gerak . hingga akhirnya kepala beliau dipotong dan ditancapkan di ujung - tombak .
dan kisah ini berlanjut hingga sisah2 dari para wanita cucu2 nabi yg mereka giring hingga ke syiria . penuh penyiksaan dan ...
ah , aku g' bisa ber cerita deh ... namun untuk kelangsungan keturunan nabi hingga sekarang , ALLOH menyelamatkan putra husein yg bernama : ALI ZAINAL ABIDIN , ketika ikut digiring pasukan ubaidulloh bin ziyad . meski beliau dalam keadaan sakit keras .duuuuh .... sedih banget dan mengharukan .
FILM " SYEIKH BISRI EL-HAAFI "
bisri hafifilm ini berkisah tentang perjalanan seorang berandal kelas kakap yg bernama BISRI . dia seorang pemabuk berat hingga tak ada waktu buat dia kecuali hanyalah menghambur2 kan uangnya utk mabuk . sedang ibunya sangatlah sedih atas kelakuan putranya itu . sama sekali tak menghiraukan nasehat2nya . namun sang bunda tak ada henti2-nya mendoakan putranya yg semata wayang itu . agar mendapat hidayat dari Allah SWT .
jauh dari kampung Bisri terdapat seorang wali besar yg kharismatik bernama syeikh ahmed ,yg banyak para murid-nya sudah menjadi ulama besar dan menjadi seorang wali . suatu malam beliau bermimpi bertemu baginda nabi muhammad SAW . baginda nabi menyampaikan salam untuk si’berandal’ bisri dari Allah SWT . nah , seorang berandal kelas kakap mendapat kemuliaan berupa salam dari Allah , itu apa artinya ? . sang syekh-pun seakan tak percaya namun mimpi itu berulang hingga 3 kali sama . dia sangat kenal dan tahu siapa bisri yang namanya sudah sangat terkenal diberbagai penjuru atas keberandalannya . akhirnya sang syeikh ahmed menyelidiki ada apa dibalik kebrutalan bisri hingga mendapat derajat yg mulai disisih Allah SWT . nah saksikan film ini selengkapnya .
untuk perlu diketahui bahwa BISRI diberi julukan dg EL-HAFI ( telanjang kaki ) karena semasa bertaubat tak pernah memakai sandal atau sepatu meski sangat panas .
beliau ( bisri ) adalah pemegang jubah wali qutub ke-3 setelah hasan basri dan daud at-tha’i . adapun jubah wali qutub ber-akhir pada sayyidi syeikh abdul qadir al-jaelani . nah , kalian bisa bayangkan sebegitu tingginya derajat BISRI EL-HAFI itu ? .
FILM " SYEIKH IBRAHIM BIN AD-HAM "
bin adhambeliau adalah seorang wali besar yg hidup dimasa hasan basri dan rabiah al-adwaiyah . hingga beliau adalah orang sangat besar namanya atas kezuhudan dan ke-waliannya .
kisah ini berkisah perjalanan dirinya hingga mencapai titik perjalanan hidup yg hakiki . beliau seorang raja dinegara balakh . namun bagaiamanakah kisahnya seorang raja begitu rela melepaskan seluruh kedudukan dan harta hanya untuk ALLAH ? tentunya tak mudah untuk menuju kesana . dan saksikan saja film nyata dan mengharukan ini .
Dan masih banyak lagi film yentang sejarah islam dan Tokoh Agama-nya
FILM " SYEIKH IBRAHIM EL-KHAWWAS " ( sang mistikus kaum sufi )
ibrahim khawwas
FILM " SYEIKH IBRAHIM GHULSYENI " ( pengajar ke-ikhlasan hidup )
FILM " SYEIKH AL-IMAM HASAN BASRI " ( sang guru para auliya' )
hasan basri
FILM " SYEIKH FUDHEIL BIN 'IYADH "
fudheil bin iyadh
FILM " SYEIKH DAUD AT-THA'I "
daud attahai
FILM " SYEIKH BEHLUL I-DANA "
bahlol idana
FILM " NABI AYYUB A.S "
ayyub
FILM " AS-HABUL KAHFI "
ashab kahfi
FILM " AR-RISALAH "
ARRISALAH
FILM " SAYYIDINA ALI BIN ABI THOLIB "
Alnebras
FILM " SYEIKH ALA'UDDIN EL-ATTAR "
ala uddin
FILM " SYEIKH ABDUL QADIR AL-JAILANI "
abd qodir
FILM " SYEIKH AHMAD BADAWI "
a.badawi


Artikel Terkait:


9 komentar:

  1. akhi,,
    iringan di karbala itu judul aslinya apa?
    aku pengen nonton..
    makasih... aku tunggu jawabannya ya akhi..

    BalasHapus
  2. banyak banget.
    cari dimana ya film2 kayak diatas?

    BalasHapus
  3. bagiamana caranya bisa dapat filmnya mohon info nya makasih

    BalasHapus
  4. yah.. linknya mana broth? kok review film tapi linknya gada.. padahal bagus nih.. buat perenungan

    BalasHapus
  5. mohon info untuk mendapatkan film tersebut......(subtitle indonesia), kami sangat memerlukan untuk sarana pembelajaran anak anak

    BalasHapus
  6. assalamualaykum wrwb,

    memang sangat disayangkan sekali informasinya tanggung sekali, tapi setidaknya itu sudah dapat memberi gambaran pada kita bahwa film tentang Islam itu memang ada walau tidak beredar semua di Indonesia, butuh sedikit kreatif untuk melanjutkan informasi tentang film-film tersebut diatas dengan cara search di Google dengan keyword tertentu & juga search by image yang telah disediakan di blog ini, mudah-mudahan link blog koleksi film islam dibawah ini bisa mewakili pencarian kita semua tentang film-film Islami...

    http://islamicmoviesdatabase.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. akhy wa ukhty,waspada terhada film buatan agama syiah dan sufi karna penuh ke dustaan macam film iringan pedih karbala

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum wr. wb..,

    terima kasih sudah berbagi informasi..
    jd bisa nambah koleksi film islami utk di cari..
    film seri umar bin khatab juga bisa di masukin ke daftar di atas..siapa tahu blm banyak yg mengetahui

    BalasHapus

Komentator Blog Ini