Selasa, 16 Agustus 2011

Melihat Indonesia Jaman Dulu Dengan Instagram


Jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Kutipan legendaris yang dilontarkan Bung Karno ini tentu ada alasannya. Mengenal sejarah bangsa berarti memahami identitas, dan caranya pun bisa berbagai macam. Kalau Anda aktif ber-instagram, Anda bisa belajar tentang Indonesia lewat tagar @hakim1970).
Selama bulan Agustus 2011 ini, tagar #dirgahayuindonesia menampilkan berbagai foto yang merepresentasikan sejarah Indonesia, khususnya pada masa presiden pertama kita, Ir. Soekarno. Beberapa foto sudah familiar di mata kita, seperti foto Bung Tomo saat berorasi di Mojokerto. Sebagian lagi tampak asing, misalnya foto tokoh-tokoh yang mungkin sebagian dari kita tak mengenalinya namun ternyata mereka memiliki andil signifikan dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Misalnya foto Sultan Hamid II, perancang lambang Garuda Pancasila.
Tak hanya itu, ada pula foto-foto unik di tagar #dirgahayuindonesia ini. Salah satunya adalah foto Bung Karno membonceng Ibu Fatmawati dengan sepeda, atau surat yang terlampir pada paket berisi seragam baru dari Bung Karno ke Panglima Besar Sudirman menjelang 17 Agustus 1945.
Ada banyak cara mengenal dan memperkenalkan sejarah, bahkan dengan media sosial. Jika sebagian besar pengguna photo sharing Instagram masih fokus pada sisi visual, lewat tagar #dirgahayuindonesia Hakim memaksimalkannya dengan deskripsi.


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini