Senin, 10 September 2012

Cara memblokir pin blackberry yang hilang/dicuri


Kemarin ada seorang teman rekan kerja di kantor menceritakan telah kehilangan sebuah BlackBerry 9000 Bold yang dipakai oleh anaknya. Blackberry device tersebut dibelinya waktu Ia pergi ke Singapura, jadi saya tidak tahu persis dealer atau toko dimana ia membeli BlackBerry 9000 Bold tersebut yang jelas Ia beli di Singapura. Sempat dipakai di Indonesia kurang dari sebulan dengan operator XL dan sempat juga aktivasi BlackBerry Internet Service (BIS) dengan kartu XL tersebut. Setelah anaknya kembali ke Singapura, Blackberry tersebut dipakai anaknya di Singapura tak lama berada di sana HP BlackBerry 9000 Boldnya hilang, entah ketinggalan di Mall, jatuh atau dicuri yang jelas sekarang anaknya sudah tidak lagi menggunakan device tersebut.

Terus Ia menanyakan, bagaimana caranya melaporkan blackberry yang hilang tersebut. Maksudnya biar HP BlackBerry 9000 Bold yang dulu dimiliknya supaya tidak bisa digunakan oleh orang lain yang menemukan atau yang mencurinya dengan cara melaporkan Personal Identification Number (PIN) dan International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang masih tercatat di Box BlackBerry 9000 Bold yang Ia tunjukan kepada saya.

Setelah saya coba cari informasi dengan browsing di Internet, ternyata tidak banyak yang bisa saya lakukan untuk bisa membantu apa yang diinginkannya, karena waktu di Singapura telah ganti SIM Card. Bahkan di BlackBerry Support Forum sendiri saya tidak menemukan sebuah cara untuk bisa melaporkan secara langsung ke pihak Reasearch In Motion (RIM) supaya PIN dan IMEI tersebut di suspend. Dan rencananya di forum tersebut saya akan mendaftarkan PIN dan IMEI BlackBerry 9000 Bold tersebut pada sub thread Stolen BlackBerry.

Berikut salah satu cara untuk melaporkan Lost or Stolen BlackBerry yang saya kutip dari www.BerryIndo.com

Ternyata, Operator bukan blokir IMEI tetapi blokir BBM PIN dengan cocokan IMEI, namanya PIN Suspend, PIN anda akan dilaporkan HILANG secara worldwide dan TIDAK lagi bisa digunakan. Setelah di blokir maka Blackberry itu tidak bisa lagi menggunakan fasilitas Blackberry Messenger atau push email, hanya bisa untuk handphone dan SMS.

Namun anda harus memenuhi syarat berikut untuk dapat melaporkan BB hilang yaitu:
  1. Blackberry handheld anda harus beli dari operator yang bergaransi Operator
  2. Blackberry handheld anda harus menggunakan sim card dengan layanan BIS dari operator yang sama dengan garansi operator.
Jika anda memenuhi syarat,
  1. Bawalah kotak Blackberry anda yang tercantum nomor PIN dan IMEI.
  2. KTP dan buat surat pernyataan.
  3. Hubungi operator untuk laporkan Blackberry anda hilang dan minta pin di suspend.
Untuk sementara ini, hanya operator XL yang dapat melakukan blokir BBM PIN dan syaratnya sebagai berikut:
  1. Anda membeli Blackberry Bergaransi XL
  2. Anda menggunakan SIM card layanan BIS XL
Jika anda pengguna BIS operator lainnya, sementara ini masih tidak ada fasilitas ini dan walaupun anda beli Blackberry bergaransi XL juga tidak berguna karena garansi hanya berlaku dengan syarat tersebut.


Artikel Terkait:


3 komentar:

  1. Kira2 tindakan kejahatan apa yang paling besar risikonya jika PIN BB ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab ? Thks sobat

    BalasHapus
  2. Bisa menyebabkan pencemaran nama baik sob oleh pihak yg nggak bertanggung jawab

    BalasHapus
  3. Ak korbanya pencemaran nama baik memakai namaku di bb pelaku. Bantuin caranya yaa

    BalasHapus

Komentator Blog Ini