Rabu, 08 Juni 2011

PROFIL LOUISA KUSNANDAR



Louisa Kusnandar, lahir di Jakarta pada tanggal 12 September 1987. Putri dari pasangan Amin Kusnandar dan Heny Wangidjaja ini merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dan satu-satunya anak perempuan dalam keluarga. Adik pertama Louisa bernama Jason William Kusnandar dan adik bungsunya bernama Justin Howard Kusnandar.

Louisa bersekolah di SD dan SLTP St. Laurensia Tangerang, melanjutkan SMU nya di St. Hilda's Anglican School for Girls, Perth Australia. Setelah itu, Louisa melanjutkan kuliah mengambil program S1 Bachelor of Arts jurusan Journalism and Communication di Monash University, Australia, pada tahun 2005. Mengikuti Student Exchange ke Simon Fraser University, Kanada. Semasa kuliah, Louisa aktif magang di beberapa instansi, diantaranya sebagai VJ (voluntary work) di Radio Kota Melbourne [RKM] pada Maret sampai Desember 2006, Journalist Intern di Melbourne Times Weekly pada Juni 2007, Online Journalist Intern di InfoXchange Australia pada September 2007, Jornalist Intern & member di Australian Journalist Association [AJA] pada November 2007 sampai Juli 2008. Louisa Lulus kuliah di usia 20 tahun.


Awal Karir di Astro Awani

Di astro awani, awalnya Louisa hanya berniat magang daripada mendapatkan pekerjaan. Ia bahkan tidak punya rencana kembali ke Indonesia. Louisa mendapatkan tawaran bekerja di Astro Awani News Channel dari Endah Saptorini, executive editor di Astro Awani. Saat itu ia sama sekali tak mengetahui tentang situasi politik maupun ekonomi di Indonesia. Namun, sesuatu membuatnya berubah pikiran saat mba’ Endah berkata kepada Louisa, “Disini kamu akan belajar dari bawah ya, jadi p.a. dulu, production assistant, terus baru Reporter.”, kalimat yang kemudian entah bagaimana membawanya untuk menerima tawaran itu dan memulai perjalanannya menjadi bagian dari tim Awani pada tanggal 17 Maret 2008.

Banyak pelajaran berharga dan pengalaman-pengalaman berkesan yang baru pertama kali ia dapatkan ketika menjadi reporter di Astro Awani. Beberapa pengalamannya yang tak terlupakan adalah ketika ia diminta untuk menghadiri konferensi pers pada tanggal 2 Maret 2009, Louisa berkesempatan bertemu dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada PM Malaysia Abdullah Ahmad Badawi yang ketika itu sedang berada di Indonesia untuk menghadiri Forum Ekonomi Islam Dunia ke 5. Pengalaman lainnya adalah saat meliput bencana alam di Situ Gintung yang merupakan pengalaman pertamanya meliput sebuah bencana alam.

Selama bekerja di Astro Awani, ia sangat bersyukur bisa mengenal begitu banyak orang-orang hebat, bertemu dengan rekan-rekan yang selalu mendukungnya yang lebih seperti keluarga baginya. Belajar begitu banyak hal meskipun dalam waktu yang begitu singkat. Semua itu telah membuat talentanya jauh berkembang dari saat ia pertama kali tiba di Astro Awani. Meskipun begitu, beberapa kesulitan pernah ia temui di awal-awal masa kerjanya. Pernah suatu ketika ia mengulang hingga 12 kali saat melakukan person to camera di sebuah terminal bus karena apa yang dikatakannya tak sempurna. Namun dengan semangat dan dukungan dari rekan-rekannya, akhirnya kesulitan-kesulitan tersebut mampu ia atasi. Di Astro Awani pula, Louisa pertama kali diajarkan menjadi seorang Newspresenter. Dan banyak hal lainnya ia dapatkan selama menjadi bagian dari Astro Awani.

Di SCTV

Pada bulan Agustus 2009 Louisa bergabung dengan SCTV hingga sekarang.

Setelah sebelumnya Louisa aktif melakukan berbagai peliputan sebagai Reporter. Akhirnya untuk pertama kalinya Louisa mendapat kesempatan duduk di meja siaran sebagai Newspresenter membawakan Liputan 6 Terkini pada tanggal 17 Oktober 2009 pukul 22.30. Suatu kesempatan yang sangat ia syukuri yang kemudian mengantarkannya untuk dipercaya sebagai presenter program berita reguler Liputan 6 Malam dan menjadi anchor tetap di Liputan 6 SCTV mulai November 2009.

Louisa adalah anchor pertama yang membawakan program berita Liputan 6 Siaran Lokal Yogyakarta yang hadir mulai tanggal 1 Desember 2009, sekaligus menjadi salah satu ikon program berita Yogyakarta tersebut.

Salah satu pengalaman Louisa di SCTV adalah, ia pernah membawakan siaran Liputan 6 berturut-turut. Yang diawali dari Liputan 6 Terkini pada tanggal 25 Desember 2009 pukul delapan malam, dilanjutkan dengan Liputan 6 Malam pukul 01.30 dini hari (26 Desember), kemudian Liputan 6 Pagi di pagi harinya, dan Liputan 6 Siang. Bagi Louisa ini merupakan siaran Liputan 6 Pagi dan Liputan 6 Siang akhir pekan pertamanya.


Mulai tanggal 1 Januari 2010, Louisa berpasangan dengan Boy Bakamaro membawakan program Liputan 6 Pagi. Selain siaran Louisa juga aktif sebagai Reporter sampai sekarang.



Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini