Selasa, 12 Juli 2011

Melihat Dan Kenali Jeroan PC sebelum Meng-Upgrade-Nya

Upgrade SENDIRI PC Bekas Anda sebelum membeli PC baru lalu Perhitungkan secara detail elemen-elemen PC anda sebelum mengupgradenya. ada beberapa PC yang bisa diganti dengan yang baru. dan ada pula komponen yang tak perlu di upgrade. simak buku manual motherboard, karena biasanya memuat detail komponen. jangan terlalu nafsu membeli processor bekecepatan tinggi. namun tidak kompetibel dengan motherboard PC. Mubazir bukan.?

Power supply
Komponen utama Pc yang menyalurkan daya listrik ke mobo dan piranti=piranti lunak lain yang tertancap ke MOBO. power supply bawaan PC biasanya memiliki spesifikasi daya maksimum 250w dan 300w. anda bisa mengupgradenya dengan jenis baru yang memiliki daya lebih besar.




Heatsink Fan

Kipas pendingin untuk CPU. fungsinya mencegah suhu panas yang berlebihan. terdiri dari dua komponen yang menjadi satu, berupa lempengan alumunium dan kipas.

Processor
otak PC ini terletak di bawah Heatsink fan. kecepatan Clock internal dan ekxsternalnya serat FSB tertera pada boksnya. clock internal misalnya 1,7 GHz,2 Ghz,2,8 GHz, 3,0 Ghz dan seterusnya. FSB pentium III, AMD Athlon dan Pentium 4 biasanya sebesar 133 MHz. 

Soket Power Prosessor

Port power tambahan 12 volt yang biasanya digunakan untuk pentium 4. slot SGP Slot yang khusus dipakai kartu grafik terkini yang tlah mendukung tekhnologi AGP 

Kartu Grafik

Disebut juga kartu VGA card. jenisnya yang terbaru telah menggunakan tekhnologi AGP , tapi tidak semu motherboard lama mendukungnya, maka pastikan MOBO menyediakan slot AGP sebelum mengganti kartu grafiknya. ada dua jenis tegangan kartu AGP, 1,,5 Volt dan 3,3 Volt. Namun yangf menjadi standar adalah tegangan 1,5 Volt.

Slot PCI 
Biasanya terdapat 4-6 slot PCI pada MOBO. anda bisa memakainya utnuk kartu suara, kartu LAN,TV tuner, dan kartu ekzpansi lainnya.
 

Pin CPU Fan
 
Colokan konektor kabel power dari heatsink fan ke pin yang memiliki 3 kaki ini.
 

Slot DIMM
 
TEmpat untuk menancapkan kartu memori. memori jenis RDRAM atau DDR RAM dual channel membutuhkan sepasang slot DIMM, untuk pemasangan keping
 memory yang berkecepatan dan berkapasitas sama. 

Soket Power Utama

Port Power utama untuk meneruskan tenaga listrik dari power supply ke motherboard. 

Kartu memori
 
Terdiri dari beberapa jenis, di antaranya SDRAM DDR RAM pastikan anda memilih memory sesuai
 dengan slot yang didukung MOBO.

Soket Primary dan secondary
Tancapkan kabel data IDE primary untuk harddisk drive dan secondary untu drive optis lain, seperti CD-ROM drive, DVD-ROM drive atau CD-RW drive. kabel untuk primary IDE <1> memakai jenis ATA 66/100, sedangkan secondary IDE<2> memakai kabel ATA 33. 

Baterai CMOS
 
Baterai untuk menyimoan setelan memoy BIOS, seperti tanggal dan hari.
 

Front PAnel
 Pin 
untuk mncolokan konektor tombol power. reset, spiker dan LED yang ada di panel depan casing PC.
 Ok.

itulah beberapa jeroan nya PC yang memang perlu di pahami terlebih dahulu agar UPGRADe tidak mubazir semoga bermanfaat agar
 upgrade menjadi asyik ikuti beberapa tips meungupgrade PC

Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini