Rabu, 23 Februari 2011

Cara Menampilkan Emoticon Pada Kolom Komentar

Cara Menampilkan Emoticon Pada Kolom KomentarCara Menampilkan Emoticon Pada Kolom KomentarAgar blog menjadi lebih menarik pengunjung, di samping isi atau konten yang memang dibutuhkan, anda juga bisa menampilkan atau menambahkan emoticon pada kolom komentar. Fungsi dari Emoticon tersebut adalah untuk mengekspresikan apa yang dirasakan oleh para pengunjung yang ingin mengomentari tulisan yang kita posting. Namun emoticon default  yang ada di wordpress menurut saya kurang menarik. Anda bisa menambahkan atau menggantinya dengan emoticon yang lucu-lucu dan menarik pengunjung.  Kalau pada postingan sebelumnya pernah saya tulis tentang “Cara Menambah Emoticon Shoutmix“, maka pada postingan kali ini akan saya tulis tentang cara menampilkan dan menambahkan emoticon pada kolom komentar.  Nyok ….. langsung ke “TKP”.
Cara Pertama :
  1. Download plugin wp-grins (plugin untuk menampilkan emoticon)  DI SINI.
  2. Kemudian upload ke  wp-content -> plugins, di host WordPress  anda (bisa lewat cpanel atau FTP), kemudian extract. (setelah di extract hapus file masternya yaitu wp-grins.1.5.zip).
  3. Aktifkan Plugin tadi (wp-grins) pada tab Plugins -> Installed pada admin/dashboard WordPress anda.
  4. Ok, sekarang Emoticon telah muncul di  kolom komentar WordPress anda (Emoticon default).
  5. Jika kita ingin menggunakan Emoticon smile seperti gambar di atas atau seperti pada kolom komentar di bawah ini, anda harus mendownload emoticonnya terlebih  dahulu. Silahkan download DI SINI.
  6. Setelah di download, kemudian uploadlah ke wp-includes -> images -> smilies di host WordPress anda, kemudian diextract.
  7. Agar emoticon yang sudah anda upload tadi bisa tampil atau muncul, maka anda harus memasukkan kode-kode emoticon yang sudah anda upload beserta nama-nama filenya pada file functions.php yang ada di folder wp-includes (ribet yaaa ……… ).
  8. Dari pada ribet download aja ya  file functions.php yang sudah saya edit (pokoknya tinggal leeebbbb heeee), downloadnya DI SINI (functions1.zip)  kemudian upload di folder wp-includes trus diextrak.
  9. Cara di atas adalah untuk menampilkan emoticon default dan emoticon tambahan yang sudah diupload (emoticon yang lama atau yang sudah dimasukkan oleh komentator sebelumnya tetap muncul atau tidak hilang).
Cara Kedua :
  1. Jika hanya ingin menampilkan emoticon baru (emoticon default ingin disembunyikan/dihilangkan termasuk emoticon yang pernah ditambahkan oleh komentator sebelumnya), silahkan download file functions.php DI SINI (functions2.zip), kemudian upload di folder wp-includes trus diextrak.
  2. Habis itu buka deh …. salah satu postingan anda untuk melihat hasilnya, lalu lihat pada kolom komentarnya. Bim salabim kita lihat jadi apa prax …prax …. prax …..  heeeee….eee.
  3. Jika anda menguasai PHP silahkan berimprovisasi untuk menambahkan emoticon2 yang lebih banyak lagi,  sesuai selera anda. Caranya upload file koleksi emoticon anda ke folder wp-includes -> images -> smilies, ingat2 nama filenya atau anda ganti nama filenya sesuai selera anda kemudian anda buka file functions.php yang ada di folder wp-includes dengan cara klik file functions.php kemudian klik kanan terus klik atau pilih Edit atau Code Edit terus dicari sendiri yaaa… kira-kira code seperti ini :
    function smilies_init() {
     global $wpsmiliestrans, $wp_smiliessearch;
    
     // don't bother setting up smilies if they are disabled
     if ( !get_option( 'use_smilies' ) )
     return;
    
     if ( !isset( $wpsmiliestrans ) ) {
     $wpsmiliestrans = array(
     ':mrgreen:' => 'icon_mrgreen.gif',
     ':neutral:' => 'icon_neutral.gif',
     ':twisted:' => 'icon_twisted.gif',
       ':arrow:' => 'icon_arrow.gif',
       ':shock:' => 'icon_eek.gif',
       ':smile:' => 'icon_smile.gif',
       ':???:' => 'icon_confused.gif',
         ':cambuk:' => 'cambuk.gif',
         ':bye:' => 'bye.gif',
       ':gigit:' => 'gigit.gif',
       ':kedip:' => 'kedip.gif',
       ':marah:' => 'marah.gif',
     ':ngantuk:' => 'ngantuk.gif',
        ':baca:' => 'm_baca.gif',
        ':beee:' => 'm_beee.gif',
        ':cuex:' => 'm_cuex.gif',
      ':lompat:' => 'm_lompat.gif',
        ':love:' => 'm_love.gif',
       ':melet:' => 'm_melet.gif',
     ':mendolo:' => 'm_mendolo.gif',
      ':ngudut:' => 'm_ngudut.gif',
        ':plis:' => 'm_plis.gif',
        ':yess:' => 'm_yess.gif',
  4. Tambahkan kode emoticon di sebelah kiri dan nama file di sebelah kanan kemudian  disave.
  5. Trus istirahat dech ….. habis ngetiknya panjang banget heeeee……heeeee.
  ZZZzzz ……….


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini