Rabu, 23 Februari 2011

Cara Pasang Yahoo Messenger (YM) di Blogger

Saya punya blog di Blogspot. Saya ingin pengunjung blog saya bisa chatting dengan saya lewat Yahoo! Messenger. Mungkinkah?

Untuk keperluan itu kita bisa memanfaatkan fitur Pingbox yang disediakan Yahoo!. Lewat Pingbox, kita akan mendapatkan kode yang harus kita pasang di blog, profil Friendster, atau website kita.

Berikut ini cara membuat Pingbox:
  1. Klik http://messenger.yahoo.com/pingbox/studio/ untuk menuju ke halaman seperti pada gambar di bawah ini:
  2. Pilih Background Theme sesuai dengan preferensi kita;
  3. Di kolom Display name, masukkan nama yang akan kita tampilkan. Contrenglah opsiShow Yahoo! Messenger display image jika kita ingin menampilkan gambar yang sekarang muncul di YM kita.
  4. Pilihlah salah satu ucapan selamat datang di kolom Online Greeting, atau pilih Enter custom message jika kita ingin membuat sendiri ucapan itu.
  5. Pilihlah salah satu pesan bahwa kita sedang tidak online di kolom Offline message, atau pilih Enter custom message jika kita ingin membuat sendiri ucapan itu.
  6. Contrenglah opsi Require visitors to enter Nickname to send IM agar setiap orang yang mengirim pesan ke kita diwajibkan mengisikan nama aliasnya (nick name);
  7. Pada kolom Save Pingbox as, tulislah nama Pingbox kita. Misal, jika pingbox yang kita bikin sekarang ini akan dipasang di blog, berilah nama Pingbox Blogger atau sesuka anda.
  8. Tekan tombol Save;
  9. Akan muncul windows bar. Masukanlah Yahoo! ID dan passwordnya, lalu tekan tombol Sign In. Windows itu akan menutup sendiri.
  10. Akan muncul kotak berisikan kode yang harus kita pasang. Untuk mendapatkan kode yang pas sesuai peruntukannya, pilihlah jenis blog atau website kita. Misal, jika kita ingin mendpatkan kode untuk Blogger maka kliklah logo dan tulisan Blogger yang tersedia.
  11. Tentukan ukuran kotak yang kita inginkan. Sangat disarankan untuk memilih opsi Recommended.
  12. Tekan tombol Copy to clippboard.
Tahapan selanjutnya Cara Pasang Yahoo Messenger (YM) di Blogger, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Login ke Blogspot Anda => klik Rancangan/Design => Tambah/Add Gadget => pilihHTML/JavaScript atau baca Cara Pasang dan Hapus Widget Blog di Blogspot;
  2. Setelah terbuka halaman baru, pada kolom Judul, tulislah Judul yang kita mau, misal:CHATBOX.
  3. Pada kolom Konten masukan kode Pingbox yang telah dicopy sebelumnya, caranya letakkan Crusor ke dalam kolom Konten, lalu klik kanan dengan mouse dan pilih pasteatau tekan Ctrl + V pada keyboard;
  4. Klik Simpan, selesai.
Apabila proses dan langkah-langkah di atas telah di lakukan dengan benar, maka hasilnya akan seperti pada contoh di bawah ini (contoh akan muncul/tampil jika browser Anda dilengkapi plugins flash player):
Demikianlah tutorial Cara Pasang Yahoo Messenger (YM) di Blogger ini, semoga bermanfaat.


Sumberwww.remo-xp.com (Dengan Perubahan Seperlunya).


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentator Blog Ini