Senin, 21 Februari 2011

Cara Menghemat Energi Ala Blogger


Cara menghemat Energi ala Blogger itu seperti apa? Salah satu hal menarik yang bisa dilakukan blogger adalah dengan menggunakan template/theme blog yang berwarna hitam. Menurut Universitas Stanford dan Departement yang mengawasi Energi di US, warna hitam pada layar monitor dapat mengurangi besarnya energi yang dikonsumsi oleh monitor. Google juga punya versi hitam yang dipercaya dapat membantu menghemat energi, Blackle namanya.

Namun apakah warna hitam itu pasti hemat energi? Menurut sejumlah peneliti diSCIENTIFIC AMERICAN, warna hitam pada monitor belum tentu dapat menghemat energi. Itu semua bergantung pada jenis monitor yang digunakan. Misalnya energi yang dikeluarkan dari monitor CRT dengan ukuran layar 18-inch (45,7-sentimeter) adalah 102 watt ketika menggunakan layar berwarna putih itu tetapi hanya 79 watt ketika menggunakan layar hitam itu.

Sedangkan besarnya energi yang dibutuhkan pada monitor LCD berukuran 17-inci (43-sentimeter) adalah 22,6 watt, sedangkan warna hitam membutuhkan energi lebih tinggi yaitu 23,2 watt. Jadi kesimpulannya adalah warna hitam pada monitor CRT menggunakan energi lebih sedikit ketimbang menggunakan warna putih sedangkan LCD adalah sebaliknya, menggunakan energi lebih hemat jika menggunakan warna putih dan lebih boros jika pada warna hitam.

Jadi sesuaikan saja warna theme blog Kamu dengan jenis monitor yang Kamu gunakan untuk ngeblog. Meskipun tampak gak berarti, paling gak itu sudah membantu Kamu menghemat penggunaan biaya dan energi untuk diri sendiri.

Lalu bagaimana dengan pengunjung blog kita? Gak mungkinkan kita suruh dia ganti monitor hanya untuk berkunjung ke blog kita. Itu hak mereka masing-masing. Tapi paling gak mereka sudah tahu upaya kita dan bisa ikut juga menghemat energi. waktu yang Kamu gunakan untuk ngeblog dan blog walking juga bisa dikurangi untuk menghemat pengeluaran energi 


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini