Jumat, 18 Februari 2011

Tips Membuat Menu Dropdown

Untuk menghindari arsip blog yang menumpuk atau berderet kebawah terlalu panjang, kita bisa menggunakan menu dropdown agar terlihat lebih efisien. Karena semakin banyak dan semakin lama kita ngeblog maka arsip blog kita akan bertambah panjang daftarnya. Seperti yang kita ketahui, blog di arsip setiap bulan. Bagaimana kalau sobat ngeblog bertahun-tahun, tentu akan semakin panjang kan daftar bulan arsip blog sobat.

Berikut ada sedikit tips untuk membuat menu dropdown, tapi saya hanya akan menjelaskan cara membuat menu dropdown untuk yang memakai template baru, karena saya sendiri juga menggunakan template baru..

* Login ke Blogger dengan ID sobat tentunya.

* Klik Tata Letak.

* Kemudian klik Elemen Halaman.

* Cari yang Widget Arsip Blog (jika belum ada silahkan klik tambah Gadget --> kemudian pilih menu yang bertulikan Arsip Blog)

* Disamping tulisan style, pilih radio button yang bertuliskan Dropdown Menu --> kemudian contreng kotak radio button tersebut.

* Klik Save Changes.

* Selesai.

Itu tadi menu dropdown untuk Arsip Blog sobat, lantas bagaimana cara membuat menu dropdown yang didalamnya terdapat link. Seperti ini kode HTML nya : 
 T<form><select name="menu" onchange="window.open(this.options[this.selectedIndex].value,'_blank')"size=1 name=menu><option value=0 selected>judul menu</OPTION><br /> <br /> <option value="isi dengan addres yang ingin di tuju">judul link disini</option> </select></form>


Untuk menu seperti punya saya, seperti ini kode HTML nya :

<br /> <form><select name="menu"  onchange="window.open(this.options[this.selectedIndex].value,'_blank')"size=1 name=menu><br /> <br /> <option>= Blogspot Tutorial =</option><br /> <br /> <option value="http://www.oktri.co.cc/2009/12/cara-mengganti-titlejudul-blog-dengan.html">Judul blog dgn Title Post</option><br /> <br /> <option value="http://www.oktri.co.cc/2009/12/membuat-gambar-melayang-di-pojok-lebih.html">membuat gambar pojok lebih dari satu</option><br /> <br /> <option value="http://www.oktri.co.cc/2009/12/cara-membuat-daftar-isi-blog.html">Cara membuat datar Isi</option><br /> <br /> <option value="http://www.oktri.co.cc/2009/12/cara-buat-highlight-all.html">Membuat Teks Area</option><br /> <br /> <option value="http://www.oktri.co.cc/2009/12/cara-membuat-spoiler.html">Tips Membuat Spoiler</option><br /> <br /> <option value="http://www.oktri.co.cc/2009/10/cara-membuat-read-more-di-blogspot.html">Tips Membuat Read more</option><br /> <br /> </select></form><br />



Hasilnya :

Sangat mudah kan..Selamat Mencoba !!


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentator Blog Ini