Kamis, 17 Februari 2011

Cara Membuat Link URL di Posting Blog agar Bisa Diklik

Di postingan ini akan dibahas bagaimana cara membuat live link pada posting/halaman blog yang bisa langsung diklik. Pada dasarnya untuk segala blog baik WordPress, Blogger, atau blog platform yang lain polanya sama saja. Yaitu mengetik link URL yang dituju dibumbui dengan kode sedikit, lalu diberi judul, terakhir diberi tutup kode. Ini merupakan kode HTML sederhana dan wajib dikuasai oleh setiap blogger. ;-)
Kode yang digunakan sangat sederhana kok, coba perhatikan kode berikut:
<a href="http://alamat-url-disini.com/apa-saja-boleh/" title="apa saja boleh">apa saja boleh</a>
<a href="http://wordpress.org" title="WordPress">WordPress</a>
Untuk link yang pertama, nanti yang bisa dilihat adalah tulisan “apa saja boleh“, yang kedua adalah “WordPress” (tanpa tanda petik). Intinya link tulisan yang akan muncul adalah yang di depan kode </a>. Jangan lupa juga untuk meletakkan tanda petik dengan benar.
Perlu diingat, penulisan kode HTML tersebut wajib ditulis pada postingan blog mode HTML, bukan mode Visual!!
*UPDATE:

Membuat Link URL di Blog yang Bisa Diklik dan Dibuka di New Tab

Update ini atas saran Mr.Kem, SahabatBlogger.com. Terimakasih sudah mengingatkan. :)
Ok, mudah saja membuat link agar bisa dibuka pada tab baru (new tab) browser. Tinggal menambah kode: target=”_blank” pada sela-sela kode HTML tersebut. Lebih lengkapnya coba perhatikan kode berikut:
<a href="http://sahabatblogger.com" target="_blank">SahabatBlogger.com</a>
Nah, apabila kita menulis kode tersebut pada postingan, maka yang muncul adalah “SahabatBlogger.com” dan akan terbuka pada tab baru browser. Sudah jelas? Sangat mudah bukan? Nah, sekarang silakan dipraktekkan membuat link di posting sendiri! Apabila kurang jelas, temui saya di kolom komentar ya? ;-)


Artikel Terkait:


2 komentar:

Komentator Blog Ini