Senin, 07 Februari 2011

Membuat Daftar Isi (Table of Contents) di Word 2007


Daftar Isi - Word 2007Kita mungkin lebih sering fokus pada isi dokumen ketimbang bagian lain yang juga penting, sepertidaftar isi. Sehingga bagian ini sering dikerjakan belakangan dan kadang karena diburu waktu, kita tidak sempat memperbaikinya bila ada perubahan pada dokumen.
Hal di atas sering terjadi bila membuat daftar isi secara manual. Oleh sebab itu, ganti cara manual dengan fitur yang sudah disediakan oleh Microsoft Word. Fitur ini dapat membantu membuat daftar isi dengan cepat dan seandainya ada perubahan pada nomor halaman dan judul dalam dokumen, kita dapat melakukan update daftar isi dengan beberapa perintah sederhana saja.

Menandai Bagian untuk Daftar Isi
Sebelum membuat daftar isi, kita perlu menandai bagian-bagian mana saja yang akan ditampilkan dalam daftar isi. Bagian tersebut biasanya berupa heading atau judul bab, contoh: Bab 1 Pengantar, 1.1 Pengenalan Microsoft Office 2007, dan sebagainya.
Cara mudah untuk membuat heading adalah menggunakan heading styles yang sudah disediakan (built-in sytles) oleh Microsoft Word, yaitu Heading 1 sampai dengan Heading 9.
Lebih jelasnya tentang cara menggunakan Styles, dapat dibaca di artikel ini: Menggunakan Styles di Word 2007: Untuk Menjaga Format yang Konsisten pada Dokumen.
Selain menggunakan built-in sytles, kita juga dapat membuat daftar isi berdasarkan custom stylesyang kita gunakan, misalnya style yang kita buat sendiri.

Cara Membuat Daftar Isi
Setelah menandai bagian untuk daftar isi, maka bisa dilanjutkan ke tahap pembuatannya.
    Membuat Daftar Isi dari Built-In Heading Styles Gunakan cara ini bila dokumen menggunakan heading styles seperti Heading 1, Heading 2, dan seterusnya.
  1. Klik pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi (biasanya di awal dokumen).
  2. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents, pilih gaya daftar isi yang diinginkan.
    Table of Contents Group
  3. Format tampilan daftar isi.
    Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents dan kemudian klikInsert Table of Contents untuk mengatur hal-hal berikut:
    • Tab leader, untuk membuat tab leader antara teks dan nomor halaman, antara lain: garis putus-putus, titik-titik atau tidak menggunakan tab leader.
    • Formats, untuk memilih format tampilan daftar isi, seperti: template dokumen (sesuai dengan format yang kita buat), atau format lain yang sudah disediakan oleh Microsoft Word seperti Classic, Fancy dan sebagainya.
    • Show levels, ganti angka pada kotak di sampingnya untuk menambah/mengurangi level heading yang akan ditampilkan dalam daftar isi.
    Table of Contents Tab

    Membuat Daftar Isi dari Custom Styles  Gunakan cara ini bila menggunakan custom style pada heading untuk daftar isi, contoh: Title style atau style yang kita buat sendiri.
  1. Klik pada bagian halaman yang ingin ditaruh daftar isi.
  2. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents, dan kemudianInsert Table of Contents.
  3. Klik Options.
    Table of Contents Options
  4. Di bagian Available styles, pilih style yang digunakan untuk heading dalam dokumen dengan mengisi angka pada kotak di TOC level.
  5. Pada TOC level, isi angka 1 sampai 9 untuk menentukan level pada heading style.
    Catatan: Jika menggunakan  custom styles, hapus angka TOC level untuk built-in styles, misalnya: Heading 1.
  6. Ulangi langkah 4 dan 5 untuk setiap heading style yang ingin disertakan dalam daftar isi.
  7. Klik OK.

Cara Update Daftar Isi
  1. Pada References tab, Table of Contents group, klik Update Table.
    Atau klik di bagian daftar isi sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini dan klik Update Table.
    Update Table of Content
  2. Klik:
    • Update page numbers only, bila perubahan hanya pada nomor halaman karena jumlah halaman bertambah/berkurang atau format nomor halaman berubah.
    • Update entire table, bila ada penambahan/pengurangan heading atau bila ada perubahan teks pada heading.

Cara Menghapus Daftar Isi
  1. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents.
  2. Klik Remove Table of Contents.




Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentator Blog Ini