Selasa, 08 Februari 2011

Mengenal Kurt Cobain


                   Kurt Donal Cobain lahir di Aberdeen di rumah sakit Grays Harbor Community, Washington, pada tanggal 20 Februari1967. kurt lahir dari pasangan Donal Cobain yang bekerja sebagai montir dan Wendy bekerja sebagai sekretaris di sebuah perusahan. Sejak usia 2 tahun Kurt sudah memiliki tanda bakat musik. Di usia yang belia ini Kurt sudah bisa menyayikan ‘Hey Jude’-nya The Beatles. Kata Wendy, bakat musik Kurt berasal dari Mary, bibinya yang juga seorang musisi Country.
Di usia 7 tahun Kurt dibelikan Bass Drum oleh Mary, Di sini kurt hampir sepanjang siang dan malam memainkan alat perkusi ini yang nggak jarang ditegur tetangga yang merasa terganggu. Setahun kemudian, disaat kebahagiaan Kurt, Donal dan wendy bercerai. Peceraian kedua orang tuanya membuat Kurt jadi seorang anak yang pemurung dan lebih banyak menyendiri. Dan untuk mengepresikan kemarahan dan kekecewaannya, di tembok kamarnya, Kurt menulis “ I hate Mom, I hate Dad, Dad hates Mom, Mom hates Dad, it simply makes you want to be sad “. Di sini Kurt mulai jadi anak pemberontak, walaupun masih dini, Kurt juga tergolong peka terhadap apa yang terjadi di kehidupannya. Kurt mulai tidak betah di rumah dan sering menginap di rumah teman- temannya. Kurt mungil, pada tahun 1975 ikut les drum dan jarang pulang.
Pada usia 12 tahun, tanpa sengaja Kurt menemukan artikel dan photo- photo Sex Pistols dari sebuah majalah. Setelah menurutnya ‘keren’, Kurt langsung memplokamirkan diri sebagai anak punk. Baru setahun kemudian, srtelah kesana- kemari, Kurt baru bias mendengarkan musik Sex Pistols, itu pun hanya kaset rekaman.
Tahun 1980 ketika Kurt masih duduk di kelas 8, Kurt di nyatakan mengidap penyakit Sciolosis ( penyakit pembukukan tulang belakang ), penyakit bronchitis yang telah lama di idapnya dan penyakit maag yang sudah lumayan berat, Kurt jadi tambah minder. Ia merasa rendah diri yang membuatnya kecewa pada semua orang, apalagi teman-temanya seolah memusuhi Kurt. Timbulah sifat anti sosial, benci dan kecewa pada diri sendiri yang membuatnya menari diri dari pergaulan.
Tanggal 20 Februari 1981, pada acara ulang tahun Kurt yang ke-14, ia menerima sebuah gitar dari pamannya, Chuck Fradenburg, hadiah itu tidak disia-siakan oleh Kurt, ia langsung mengambil les gitar pada Waren Mason. Di sini Kurt memainkan lagu ‘Stairway To Heavent’ milik Led Zeppelin, ‘My Best Friend’s Girls’ nya The Cars dan ‘Another One Bites To Dust’ milik Queen. Melihat Kurt kerajinan main gitar, Wendy menghawatirkanya. Lalu tiga bulan kemudian, Kurt disuruh berhenti main gitar oleh Wendy. Tetapi Kurt sudah kepalang suka dan mencintainya.
Makin hari Kurt merasa makin mantap akan jadi anak punk. Hingga suatu hari Kurt memamerkan lagu yang menurutnya sudah “ngepunk” pada teman-temanya dan segera mencari partner untuk ngeband. Tapi, berhubung Kurt susah berkomunikasi dan mempunyai sifat menutup diri, ia kesulitan mencari teman untuk formasi bandnya. akhirnya, di musim panas tahun 1981, ketika Kurt sedang melewati studio, sebuah band sedang membawakan lagu dari Cream dan jimi hendrik. Baru, setelah itu di ketahui, ternyata mereka adalah The Melvins. Di sini akhirnya Kurt berkenalan dengan Buzz Osbourne salah satu personil The Melvins yang kemedian banyak mengenalkan musik punk pada Kurt. Demi hasranya pada musik ini, Kurt juga pernah bela-belain kerja roadie untuk The Melvins.
Keasikan main bareng The Melvins, membuat kurt lupa segalanya. Kurt sering bolos sekolah dan mulai merokok yang membuat berang Wendy. Tapi kurt tetap cuek aja. Di masa inilah kurt mrmutuskan sendiri hidupnya untuk bemusik. Desember 1982 Kurt kerumah Mary untuk merekam demo pertamanya.demo itu dinamakan ‘Organized Confusion’.
Di sini Kurt menyanyi, main gitar dan main perkusi (sebenarnya Kurt memukul kopor untuk mendapatkan bunyi drum) untuk demo koleksinya. Bersaman dengan aktifitas Kurt, masalah datang lagi ketika Wendy menikah lagi dengan Pat O’connor. Kurt makin bandel dan nggak betah dirumah Karena sering mendengar pertengkaran mereka. Suatu hari Wendy pernah mengancam akan membunuh suaminya dengan senjata. Tetapi semua itu tidak terjadi. Lalu senjata itu dibuang oleh Wendy ke sungai Wishkah. Kurt melihat wendy membuang senjata itu akhirnya Kurt membayar teman-temanya untuk mengambil senjata yang dibuang oleh Wendy. Setelah senjata itu di temukan, Kurt menjualnya untuk membeli  Amplifier gitar.
Tidur di kolong jembatan
Setelah otaknya tercuci oleh musik, seluruh pikiran Kurt hanya musik, ngeband, punk dan pemberontakan. Praktis semua keluarganya kecewa dan prihatin melihat Kurt. Apalagi saat itu kurt mumutuskan meninggalkan bangku sekolah. kontan Wendy marah besar dan menyuruhkan membatalkannya, Tapi Kurt tetap cuek. Akhirnya Wendy mengusirnya dari rumah. Kurt tercatat Droup Out sekolah pada umur 17 tahun pada bulan Mei 1985.
Di usir dari rumah, Kurt banyak menghabiskan waktunya buat nongkrong dengn The Melvins. Di sini Kurt pernah ikut audisi, tapi Kurt tidak diterima walaupun Kurt sudah cukup dekat dengan mereka hingga suatu hari, Kurt berkenalan dengan Chris Novoselic di tempat mereka biasa nongkrong.
Selama di usir dari Wendy, Kurt yang tidak mempuyai perkejaan dan tidak mempuyai tempat tinggal, akhirnya hidup di jalanan. Kurt juga sempat beberapa hari tinggal di sebuah kolong jembataan untuk tempat tinggalnya, di dekat sungai Wishkah. Kalau ia lapar, Kurt dengan sabar mencari ikan di sungai untuk di makan. Dan di kemudian hari pengalaman ini di jadikan sebuah lagu yang berjudul ‘Somenthing In The Way’ pada album Nevermind. Suatu ketika Kurt bertemu dengan Steve Shilinger dan Eric, kakak beradik yang pernah menjadi teman SMA Kurt. Setelah speak sana speak sini akhirnya, Kurt akhirnya ikut tinggal di rumah mereka selama 9 bulan. Di sini, kehidupan Kurt sudah lumayan normal, Kurt juga mendapatkan perkejan sebagai guru renang anak- anak kecil di YMCA. Di masa ini pula Kurt belajar mengolah vokalnya dengan aksen Inggris, maksudnya sih, supaya punk nya lebih kental.
Mulai ngeband
Merasa benar- benar jadi anak punk, Kurt mengajak Dale Crover (bass) dan Greg Hokansan (drum) untuk bikin band dengan nama Fecal Mater. Nggak tanggunk- tanggung, baru resmi jadi anak band, Kurt mengajak personil lainya untuk bikin demo dengan format 4 track. Lagi- lagi, masalah datang menimpanya, ia secara tiba- tiba di usir dari keluarga Shilinger karena terlibat pertenkaran serius dengan Eric. Bingung mau tinggal dimana, akhirnya Kurt pada tahun 1986, di tawari tinggal di rumah Greg Hokanson selama 6 bulan.
Pada tanggal 1987 Kurt bertemu dengan Tacy Mrander yang menjadi pacar pertamanya yang di kenalkan oleh Buzz Osbourne. Tentu saja, di saat bingung hubungan dengan Tracy sangat menguntungkan. Kurt jadi sering nginap di tempat Tracy yang ujung – ujungnya mereka malah tinggal bareng selama tiga tahun di apertemen Tracy. Selama tiga tahun itu rupanya Kurt benar- benar memanfaatkan waktunya untuk manggung, menulis lagu dan sering pulamelukis. Akhirnya Nirvana mulai banyak dikenal orang dan di kenal olah musisi lainya. Saat Kurt sedang tidak ada show, ia hanya di kamar dan terus- menerus bereksperimen dan bayak menulis lagu. Kurt keluar hanya sewaktu ia harus manggung atau Show, enggak jarang pula Kurt dapat omelan dari Tracy, karena Kurt sering berantakan apertemen tanpa mau berbenah, ketika Tracy marah, Kurt malah selau berbalik  mengancam akan meniggalkan Tracy. Kisah cintanya itulah yang mengilhami menulis lagu ‘A bout a girl’.
Setelah ia putus dengan Tracy, Kurt menjalin hubungan dengan Tobi Voil (vokalis bikini kiil ), tapi itu tidak bertahan lama. Hingga suatu hari ia bertemu dengan Courtney Love di Satyrico Club pada tanggal 21 januari 1989, menurut Cortney love, sewaktu pertama kali melihat Kurt, ia punya kesan bahwaKurt adalah tipe cowok yang penuh nafsu dan cute. ‘Tapi saya tak bisa katakanbahwa ia pintar atau mempuyai Intergritas yang tinggi ‘. Sama halnya dengan Kurt, ia menilai Courtney, ‘Courtney itu mirip dengan Nancy Spungen !’ bininya Sid Viclous, personil Sex Pistols. Dan entah kenapa, malam sesudah Nirvana Show, Kurt bernafsu untuk  mengajak Courtney……..( tahulah apa artinya itu !)tapi Courtney malah keburu pergi.
Pada bulan mei 1991 Kurt bertemu lagi dengan Courtney di Los Angeles. Pertemuan yang kedua kali inilah, akhirnya mereka mengakui sejak pertama mereka mengakui sejak pertama kalinya bertemu sudah timbul perasan khusus. Di sini mereka resmi jadian walau sempat adu jotos segala. Beberapa bulan pacaran, hubungan mereka juga sempat renggang karena Courtney ketahuan jalan bareng Billy Corgan (vokalis smashing pumpkins ). Enggak mau kalah, Kurt malah pacaran sama Mary Lou Lord. tapi sebulan kemudian,  akhirnya  mereka balik lagi.
Kualitas Kurt dalam menulis lirik lagu memang tidak di ragukan lagi. walaupun Kurt sendiri mengaku tidak pernah peduli dengan lirik dan tidak pernah menulis lirik bagus. Atau mungkin saja karena Kurt tidak menyadarinya?. Sementara banyak orang menilai bahwa lagu bahwa setiap lagu yang ia tulis mengandung penjiwaan yang dalam dan manis. Dan itulah penilaian semua orang pada Kurt sebuah penjiwaan !.
Klick disini untuk melihat foto-foto : Kurt Cobain


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini