Selasa, 08 Februari 2011

Mengenal Krist Novoselic


               Chris, yang punya nama panjang Krist Anthony Novoselic lahir pada tanggal 16 mei 1965 di campton, California. Keluarganya adalah imigran dari Yugoslavia yang pindah ke Amerika. Chris yang lahir dari pasangan Krist dan Maria Novoselic ini banyak menghabiskan masa kecilnya di Gardena, California. Baru, pada tahun 1979 keluarganya pindah ke Aberdeen, Seattle untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Maklum ayah Chris di California sana, hanya seorang supir Sparkletts, perusahaan yang bergerak di bidang air minum. Mengingat masa kecilnya Chris, sewaktu masih kanak- kanak Chris dan adiknya, Robert boleh di bilang sebagai berandalan cilik yang sering bikin masalah di lingkungan tempat tinggalnya. Misalnya, mereka berulang kali ngebocorin ban mobil tetangga dengan memaku, atau melempari jendela kaca dan ayam dengan batu. Sehingga ayahnya sering tak segan- segan mendamprat mereka. Chris sendiri mengaku, disitulah suatu masa dimana vandalisme itu sangat indah dan nikmat di masa kecilnya.
Pindah ke Aberdeen, disini Christ malah mengalami strees dan depresi berat mengahadapi pergaulan lingkungan yang membuatnya merasa tidak pede dan malu, terutama karena bodinya yang hampir menjulang 2 meter. Lagi pula orang Aberdeen menurut Chris dianggap tidak ramah. Akibatnya ia lebih mengurung diri di kamar hanya mendengarkan musik.
Melihat anaknya yang semakin menyedihkan dan banyak mengurung diri di kamar, Krist dan Maria akhirnya memindahkan Chris ke Croatia untuk tinggal bersama saudara- saudaranya. Di kota ini, kehidupan Chris mulai membaik dan mulai mengenal musik punk, karena kebetulan di kota ini banyak remaja seusianya yamg hoby sama musik punk.
Tinggal selama setahun di Croatia, Chris kembali lagi ke Aberdeen bersama ayah dan ibunya, Chris mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan kota ini yang semula bikin dia strees. Seperti remaja lainnya, ternyata Chris juga orang yang gampang terkena pengaruh lingkungan dalam bergaul. Disini, Chris mulai mengenal minum- minuman dan hampir setiap hari ia mabuk. Oleh teman- temanya, Chris di juluki si pemabuk. Chris sendiri bilang, “sehari tidak minum, saya bisa flu!” katanya.
Setelah lulus SMA tahun 1983 orang tua Chris bercerai. Tentu saja, kejadian itu membuat Chris merasa sangat terpukul. Chris hanya menghibur diri dengan musik dan pacarnya, Shelli, yang pernah jadi adik kelasnya. Dan pada bulan maret 1985 Chris dan Shelli memutuskan untuk tinggal berdua di apertemen yang di sewa Shelli, karena mereka tidak mempunayi pekerjaan tetap, akhirnya mereka pindah ke Arizona dan mencari pekerjaan. Merasa tidak berkembang di kota ini, tidak lama kemudian mereka pindah lagi ke Hoquiam. Disinilah, mereka memutuskan jadi vegetarian meskipun kebiasaan chris meminum alkohol tidak hilang.
Pada tahun 1988, ketika nama Nirvana mulai banyak di kenal Chris mulai sibuk mengurusi manajemen dan jadwal dari panggumg ke panggung Nirvana. maklum, di tubuh Nirvana ini, hanya Chris yang memiliki naluri bisnis dan ide- ide cemerlang dalam perjalanan kesuksesaan Nirvana. otomatis, dengan seabrek kesibukanya itu, Shelli dan Chris jarang sekali bertemu, dan mereka sempat bubaran beberapa bulan. Tapi, dasarnya mereka masih sayang dan saling cocok, Chris dan Shelli menyambung kembali hubungan mereka, sampai akhinya mereka melangsungkan pernikahan pada tanggal 30 Desember 1989 di apertemen mereka di Washington setelah sehari Chris pulang dari tour keliling eropa. Di acara pernikahaan mereka ini, pesta mabuk bareng para tamu juga digelar. Akhirnya setelah mereka menikah, Chris dan Shelli memutuskan untuk tinggal di Seattle supaya mereka tetap bisa dekat dengan personil Nirvana lainnya.
Tanggal 1 januari 1992, tepat di tahun baru, Chris memutuskan berhenti meminum alcohol untuk selamanya. Chris juga mulai aktif di kegiatan sosial dan mulai bergabung menjadi aktifis politik yang berawal ketika Chris mengunjungi kota asal saudara- saudaranya di Crotia yang terkena tragedi perang saudara pada tahun 1993. disini, Chris juga ikut berpartisipasi dalam perdanaan konser amal “Bosnian Rape Benefit Concert” yang diadakan pada tanggal 9 april 1993 di Cow ,Palace, San Francisco.
“Tidak ada yang melakukan apapun ketika pembataian massal, pemerkosaan dan pembersihan etnis terjadi di eropa. Saya hanya bisa mengumpulkan uang untuk mereka yang terkena tragedi besar akibat perang”.
Tahun 1994, Nivana yang identik dengan Kurt Cobain, setelah kematiannya, media massa hanya membahas tentang kematian Kurt Cobain yang hingga saat ini masih teris menjadi misteri dan terus di copy dan di gali lembar demi lembar oleh media massa maupun para elit musik. Otomatis, nama Chris Novoselic setelah bubarnya Nirvana (baca: kematian Kurt Cobain) seolah lenyap dari pantauan media. Baru, pada tahun 1997 Chris bareng Sweet 75 (band barunya), sempat merilis album bertitel ‘Sweet 75’ di bawah label Phantom Records disela kesibukanya Chris menjadi advokat yang mengurusi kasus sosial dan politik. Tapi sayang, pada bulan Agustus 2000 Sweet 75 bubar karena alasan perbedaan. Kemudiaan pada tahun 2002 kemarin, Chris bareng Curt Kirkword (Meat Puppets) dan Bud Gaugh (mantan personil Sublime ) kembali membentuk sebuah band rock’n roll yang di beri nama Eyes Adrift dan telah meluncurkan album bertitel “Eyes Adrift” di bawah label Spin Art yang beredar pada tanggal 24 september 2002 lalu.
Klick disini untuk melihat Foto-foto : Krist Novoselic


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini