Rabu, 26 Januari 2011

Belajar Software Recording CUBASE 5.1


CUBASE 5.1.0

          Pada Cubase,  cocok digunakan untuk jenis lagu-lagu band baik alternatifan atau  band-band indie atau bahkan untuk lagu-lagu rock dan genre lainnya pun bisa dibuat di sini. Lain dengan FL...ada yang mengatakan bahwa Sofware FL hanya cocok untuk lagu-lagu bergenre nge-reff atau untuk jenis lagu house music atau dance. Sebetulnya tidak juga sih karena pada setingan FPC yang terdapat pada FL juga disediakan berbagai format midi drumuntuk berbagai aliran jenis musik. Oy sekarang kita bicara Cubase.....memang bisa saya bedakan bunyi drum hasil FL dan bunyi drum hasil Cubase kalau dibandingkan masih enak-an  bunyi darum hasil Cubase, lebih real dan natural. Begitu juga instrumen lainnya lebih lengkap dan lebih wah.........saking banyaknya sampai -sampai saya kewalahan sendiri untuk mencoba masing-masing instrumennya. Mulai dari Piano, Gitar, Bass, Trompet.....duh banyak sekali. Begitu juga dengan Drum, jenis bunyi suara drum yang ditampilkan juga variatif dan banyak sekali. Jadi sekali lagi yang menggunakan sofware ini jangan berkecil hati tidak memiliki alat musik sendiri di rumahnya. Buat apa susah-susah......susah itu tidak ada gunanya... Ya kita manfaatkan saja fitur yang ada di sini, saya yakin kamu bisa membuat demo lagu yang cantik dari sofware ini. Kalau kamu penasaran bisa berselancar via internet band-band mana yang menggunakan program ini.......wah ya banyak sekali tidak hanya band lokal......band luar juga banyak menggunakan sofware ini. 
Baik syarat menggunakan sofware ini sepesifikasi komputermu juga harus mendukung, semakin bagus spesifikasinya maka semakin lancar kerjanya. Kalau saya pakai di rumah prosessor dual core, Ram 2 Gb. Makanya ngga ada masalah......Sepesifikasi minimum Ram 1 Gb untuk XP. Kalau saya 2 GB karena pakai Vista, tahu sendiri bahwa pakai Vista (mungkin karena tampilannya ok....hahaha) makanya lebih berat dibanding dengan windows XP. 
Dah......Langsung aja pertama kita install dulu programnya. Untuk menginstall Cubase  (DVD full..) memerlukan waktu yang cukup lama....itu pengalaman saya ....sampai-sampai saya pinjam DVD room punya teman. DVD laptop ku kurang kuat....padahal biasanya ga da masalah. Kenapa?.....wah isinya banyak sekali sampai 8 GB. Saya pikir......??? wah pantas berat.
Langkah - langkah  :  (biar tidak error ikuti petunjuk berikut.....soalnya ada beberapa temen saya di dunia maya yang sering error menggunakan program Cubase dikarenakan salah settingannya begitu pertama masuk...hahahah termasuk juga penulis sendiri, tapi setelah paham tidak lagi la yauwww....:)


1. Buka program Cubase,  pilih   new project.





2. Pilih settingan default dulu, nanti kalau dah lancar baru pilih setingan yang lain.





3.  Buat folder untuk menyimpan hasil atau project

4. Pilih Audio system, pada ASIO4ALL (bila tidak muncul atau tidak ada pada pilihan, kamu harus menginstal dulu Asio4all nya download aja ringan ko (alamatnya....oya nanti saya lupa...)





5. Klik device,  pilih audio output sesuai dengan soundcard pada komputermu (jangan pilih yang digital audio....)





6. Kemudian pilih juga chanel inputnya....jangan kosong....






7. Pilih juga control Studio, pilih audio outputnya.....(sama)






8. Klik Project  pilih device setup....pilih angka yang lebih tinggi agar project yang kita kerjakan suaranya lebih ok....hanya  agak memakan ruang pada hardist lebih banyak.   
9. Klik Project,  pilih audio record (untuk merekam audio/suara)...
10. Proses record dah siap.....clik chanel control gambar speaker untuk mengeluarkan sound kontrol saat merekam.
Nah kalau ini dah dikuasai....untuk pelajaran berikutnya  tinggaltrik-trik nya saja. Ingat kalau setingan ini salah atau tidak sesuai akan timbul error......atau seolah-olah software yang kita miliki tidak beres....
Salam......sampai jumpa di trik berikutya......
Tapi kalau ngga sabar bisa baca-baca dulu di.......soalnya masih nyambung tentang tutorial recording. Clik saja langsung www.distorsi.net


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini