Rabu, 26 Januari 2011

Midi Sequencer pada FL 9



Midi Sequencer bisa diartikan sebagai tempat-tempat pola/pattern audio komputer atau VST(teknologi suara buatan yang mirip atau bahkan lebih bening dari suara aslinya) virtual sound teknologi. Contoh kalau kita merekam drum live langsung mungkin bisa masuk suara yang berasal dari luar karena menggunakan mic...
Nah .....Sekarang kita gunakan Midi Drum Sequencer yang telah disediakan pada software FL yaitu dengan nama FPC.

Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut: Klik Channels (di sudut kiri atas ) > add one >FPC.

Lebih jelas lihat dan ikuti petunjuk pada Gambar.

Berikutnya, untuk menempatkan pola ketukan drum yang kita pilih pada playlist (jalur track) yaitu dengan cara clik pattern1 > clik kanan pada jalur track yang kita inginkan. 
Untuk memberi nama jalur track dengan cara, simpan cursor pada track yang kita pilih > klik kanan > Rename > berinama (misalnya drum atau pilih bentuk gambarnya langsung).
  
Agar audio yang ada pada jalur track mudah kita kendalikan melalui mixer  maka  kita isi chanell fx. Caranya; clik squencer > clik FPC > isi chanell fx yang kita inginkan (misal 1, 2 , ...) gunakan roda mouse.

Jangan mencampur suara alat musik yang berbeda kedalam fx yang sama karena akan menyulitkan kita dalam me mixingnya.

Setelah itu tutup (x).
Berikutnya buka chanell mixer (lihat gmbr) kita beri nama fx drum tadi dengan cara; clik kanan > Rename > berinama (misalnya drum.)                  
 Posisi input pada channel drum harus none, output juga none. Yang diisi hanya output pada channel Master. Isi sesuai dengan audio driver komputermu.

Kalau sudah bisa ini, nanti pelajaran berikutnya mengedit ketukan drum dari FPC sesuai dengan keinginan kita....secara manual. (bersambung)....                      


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini