Rabu, 26 Januari 2011

Cara Recording Dengan Cool Edit Pro 2.1



Postingan kali nie akan membahas soal recording menggunakan Cool Edit Pro 2.1. Untuk yang belum punya software nya temen2 bisa download software versi portable nya cool-edit-pro-21-portable. Postingan nie buat temen Q yang nun jauh di sana ato temen2 yang laen yang pengen belajar recording. OK langsung aja deh kita simak tutornya di bawah ini:

1. PERSIAPAN RECORDING.
Pertama yang harus diperhatikan k_lo kita mau memulai recording adalah kita mau recording dengan media apa??? Di sini Q akan jelasin soal recording dengan dua cara.

-Yang pertama dengan menggunakan instrumen/alat musik, vocal dan sebagainya di mana logikanya instrumen atau media ini butuh kabel untuk merecordnya ke PC kita. 
-Yang kedua kita pengen merecord segala suara yang dijalankan oleh komputer kita, misal kita memainkan mp3 di windows media player, nah mp3 yang kita puter itulah yang ingin kita record. 

Nah untuk persiapannya kita harus menentukan dulu "Device recording" kita, untuk mengatur device nya kita bisa seting melalui cool edit, caranya sebagai berikut:
->; pertama klik Option (posisi di atas tool bar sebelah kanan), kemudian cari Windows Recording Mixer trus kilk.
->; Setelah itu akan muncul device recording kemudian klik option yang ada di dioalog box recording mixer kemudian pilih Properties.
->; nah di dalam properties di sebelah atas sendiri akan terlihat devicenya, pilih yang Audio rear input, trus tandai semua opsi yang ada di bawah untuk recording. kemudian OK.
->;Trakhir pilih Stereo mix (di beberapa komputer juga tertulis What U hear) atau Mic untuk pilihan Device nya. sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk videonya bisa lihat di bawah. 
->; Nah dari sini kita sudah selesai mensetting device untuk recording.

2. MEMULAI RECORDING
Untuk memulai recording di cool edit coba kita perhatikan bahwa software ini berupa banyak track. maka tentukan dahulu track mana yang akan kita lakukan proses recording. misal Q pilih track 1. Klik tanda record yang ada pada track 1 (tandanya bulat warna merah). Pastikan benar kliknya, tandanya warna tanda record merah menyala. kemudian klik tanda Record juga yang ada di paling bawah. Untuk lebih Jelasnya lihat Video di bawah ini atau k-lik di http://www.youtube.com/watch?v=dpMIFoJU1fQ.






NB:
1. Cara di atas menggunakan Device Stereo Mix / What U hear.
2. Jika menggunakan Instrumen (misal gitar, bass taupun vocal. Pada saat menseting Device recording mixer pilih mic).
3. Untuk setingan Stereo Mix/What U hear hanya bisa dilakukan pada OS XP saja (Vista dan Windows 7 tidak ada) 

Sampai di sini dulu yah. Menerima kritik dan cacian......
Semoga Bermanfaat. 



Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini