Senin, 03 Januari 2011

Mengenal sesosok PAUL MCCARTNEY

  

Profil
Nama: Paul McCartneyTanggal lahir: 18 Jun 1942
Zodiak: GeminiLahir di: Liverpool
Sosoknya tidak terlepas dari The Beatles. Paul McCartney menjadi personel yang terakhir mundur. Satu-satunya personel yang berjuang untuk keutuhan grup musik legendaris itu.
Sosok Paul McCartney melejit bersama ketenaran grup musik The Beatles. Dia menjadi gitaris sekaligus vokalis grup musik legendaris asal Inggris itu.
Bersama personel The Beatles lainnya, John Lennon, McCartney membentuk partnership pencipta lagu paling sukses pada dekade 1960-an. Kolaborasi sinisme Lennon dan optimisme McCartney tersaji dalam sejumlah tembang hits The Beatles.
Mereka berdua memang menjadi andalan The Beatles dalam mencipta hits. Mereka biasa mencipta lagu di kamar hotel usai konser atau di rumah Lennon. Waktu satu sampai dua jam cukup bagi mereka menghasilkan sebuah karya.
Selain untuk The Beatles, McCartney juga menulis lagu untuk penyanyi lain seperti, Billy J. Kramer, Cilla BLack, Mary Hopkin, Badfinger, dan the Bonzo Dog Band.
Ia adalah personel The Beatles pertama yang mendapat proyek di luar grup musik itu. Ia menggarapsoundtrack  film 'The Family Way' (1966). Lagu-lagu itu berhasil memenangkan Ivor Novello Award untuk 'Lagu Tema Instrumental Terbaik', mengungguli musisi jazz ternama Mike Turner.
Berdasar Guinness Book of Records, McCartney tercatat sebagai musisi dan pencipta lagu tersukses sepanjang masa dengan 60 platinum. Tembang Yesterday yang ditulisnya pada tahun 1964 membuktikan karyanya yang melegenda.
Besar oleh The Beatles, ia menjadi musisi yang paling loyal terhadap grup musik itu. Ia yang menggagas pembuatan album terakhir The Beatles, Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band pada tahun 1967. Album yang dirilis saat The Beatles memutuskan berhenti menggelar konser dan dikabarkan bubar itu, diakui banyak kalangan, sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa.
Ia juga penggagas film Magical Mystery Tour (1967), film televisi berdurasi satu jam yang dibintangi empat personel The Beatles, yaitu, John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr. Selain itu, ia menjadi konseptor film animasi Yellow Submarine, yang diadaptasi dari karya-karya The Beatles, serta konseptor film hasil adaptasi album Let It Be.
McCartney menjadi personel terakhir yang mundur dariThe Beatles. Ia sempat berjuang untuk mempertahankan keutuhan grup musik legendaris itu. Setelah usahanya membujuk Lennon, Harrison dan Starr untuk kembali mengadakan konser gagal, ia mengumumkan pada publik bubarnya The Beatles di tanggal 10 April 1970. Pengumuman itu tepat seminggu menjelang rilis album solonya, McCartney (1970).
Sepeninggal The Beatles, ia sukses merintis solo karier. Bersama istrinya, Linda McCartney, ia juga melambungkan grup musik, Wings, sebagai salah satu band paling berhasil pada dekade 1970-an. Di tengah gunjingan publik atas kemampuan bermusik Linda, Wings memperoleh sejumlah Grammy Awards. Wings bertahan selama 10 tahun, sejak dibentuk pada 1971.
McCartney menuruni darah seni dari ayahnya, James 'Jim' McCartney, pemimpin 'Jim Mac's Jazz Band' di tahun 1920-an. Sejak kecil, ia dilatih memainkan beragam alat musik. Ayahnya, kebetulan kebetulan seorang peniup terompet dan pianis. Ia pernah mendapat kado terompet dari ayahnya. Namun, kado itu ia tukar dengan gitar akustik Zenith. Dengan gitar itu, ia menulis lagu pertamanya, I Lost My Little Girl.
Kariernya melesat setelah ia bertemu John Lennon pada pertengahan tahun 1957 di  sebuah pertunjukan musik. Lennon sangat terkesan dengan permainan McCartney, terutama saat membawakan lagu kesukaan Lennon, Twenty Flight Rock. Beberapa minggu kemudian, McCartney resmi bergabung dengan band besutan Lennon, Quarrymen.
Beberapa kali band itu berganti nama dan personel. Sebelum akhirnya resmi menyandang nama The Beatles pada 1960, grup musik itu sempat menggunakan sejumlah nama panggung seperti Johnny and the Moondogs, The Nerk Twins, The Beatals, dan The Silver Beatles.
Di tengah kemelut yang melanda The Beatles, McCartney menikahi wanita pujaan hatinya, Linda Louise Estman, pada 12 Maret 1969. Mereka mengasuh empat anak yaitu Heather Louise (putri dari pernikahan pertama Linda), Mary Anna, Stella Nina, dan James Louise.
Mereka tinggal di sebuah peternakan di Tucson, Arizona sebagai vegetarian. Keluarga MsCartney memang dikenal bersuara lantang terhadap pembelaan hak hewan dan vegetarianisme. Istrinya bahkan dikenal sebagai pengarang buku-buku resep vegetarian. Sayang, sang istri wafat di usia 56 tahun, pada 17 April 1998, akibat kanker payudara yang diderita sejak 1995.


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini