Selasa, 18 Januari 2011

Cara Agar Website Kita Diperhitungkan

         Website Anda hanyalah salah satu dari sekian miliar situs yang diparkir di World Wide Web. Mungkin Anda pernah berpikir web Anda tidak akan mendapat perhatian dari siapapun. Banyak pemilik website yang teriak2 bertanya kesana-kemari bagaimana caranya agar web nya ramai dikunjungi. Nah… Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat orang mau mengunjungi situs Anda.


1.) Pastikan web anda terlihat profesional.
Tak seorang pun suka melihat situs Web yang mengingatkan mereka akan sebuah buku yang mirip buku laporan rangkuman pelajaran di sekolah. Berinvestasi lah dalam belajar program desain web yang baik (Dreamweaver MX dan Microsoft Frontpage), dan biarkan kreativitas anda mengalir. Pastikan web anda menarik dengan rancangan yang baik, dan terorganisir. Orang tidak benar-benar merasa senang untuk mencari dan memilih dari banyaknya rujukan data di search engine untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.
Catatan : jangan membuat situs yang loading nya berat. Memasang flash tertentu dihalaman web mungkin memang membuat tampilan web menjadi menarik , tapi hal itu akan membuat loading web kita menjadi lambat, karena rata-rata pengunjung yg mencari dari search engine internet hanya mau menunggu 10 detik untuk dapat melihat informasi di halaman yang dikunjunginya, dan kemudian mereka akan segera pergi jika halaman web kita terlalu lama tampil nya.

2.) Daftarkan kan URL Web Anda pada setiap mesin pencari.
Mencantumkan URL Anda pada kartu nama atau meminta keluarga dan teman-teman Anda untuk mengunjungi situs Anda tidak akan benar-benar meningkatkan Traffik ke web anda.

Cara terbaiknya adalah dengan Mengirimkan atau mendaftarkan web ke mesin pencari yang nantinya akan memudahkan orang untuk menemukan web Anda, dengan catatan  halaman web Anda memiliki  topic atau informasi yang mereka cari.
Untuk memahami bagaimana sebuah mesin pencari bekerja, mari kita mebuat sebuah perumpamaan .anggap lah bahwa Search engine adalah sebagai suatu “laba-laba”: yang merayap atau mendatangi website Anda, Laba-laba (Spider) akan memilih kata-kata dan informasi yang kemudian akan diindeks di database mesin pencari. Web direktori, seperti Yahoo!, Yang dioperasikan oleh manusia dapat mengkategorikan website berdasarkan topic atau keyword utama sebuah web.
Jadi, pastikan situs Anda memuat kata kunci yang menurut Anda relevan dengan apa yang orang cari.
Misalnya jika karena suatu alasan , Anda tidak bisa mengirimkan website Anda ke berbagai direktori, pertimbangkan untuk memakai jasa situs-situs seperti www.submit-it.com, yang tentu ada biaya nya, situs jasa submitter ini akan secara otomatis mengirimkan situs Anda ke mesin pencari dan direktori.

3.)Usahakan sebar Link web anda .
Temukan situs lain yang mempunyai isi yang serupa seperti web Anda , dan mintalah untuk bertukar link. Buat banner untuk ditempatkan pada situs web orang lain, dan tawarkan kepada mereka untuk juga memasang banner di situs Anda. Anda juga bisa menambahkan URL Anda di e-mail signature. dll

4.) Iklan offline.
Dunia maya tidak lah mudah  untuk membuat Anda terlihat. Maka cobalah Menulis press release dan mengirimkannya ke koran atau majalah lokal. Coba juga cetak brosur untuk didistribusikan. Pastikan bahwa situs Anda sudah mapan dan berjalan untuk menghindari adanya kesan buruk dari pengunjung .

5.) Berinteraksi dengan pembaca web Anda.
Cobalah untuk Memasang forum atau papan pesan bagi pengunjung Anda untuk berinteraksi dengan satu sama lain. Kotak chating mungkin bisa kita manfaatkan,, dan adanya ruang komentar , memungkinkan mereka untuk memeriksa balasan setiap komentar yang mereka buat. Buat daftar e-mail sehingga Anda dapat memberitahu pengunjung tentang perkembangan baru, dan aktifkan feed web ,
Demikian beberapa tips yang mudah-mudahan akan membuat situs Anda lebih baik dan lebih diperhitungkan.


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini