Rabu, 26 Januari 2011

Sample track FL 9 (audio + midi)



Ini ada sample track sederhana dibuat dengan menggunakan software FL 9 Prodcer. Taking drum via midi drum FPC yang ada pada FL sedangkan taking audio seperti piano, rytem, melody,  dan bass melalui input yang diambil melalui chanel Edison (insert pada chanel mixer > klik kanan > audio loger > play ). Kemudian dikolaborasi menggunakan Cubase 5.1.0  saat mastering. Karena pada set up mastering di Cubase lebih banyak pilihan dan tinggal klik saja model audio output yang kita inginkan. Tinggal kita kontrol volume output saja. Saya bisanya menggunakan kontrol input di -3.00 db atau -6.00 db kemudian bila suara masih kurang jelas pakai send output setereo di -12.00 db. Sehingga Volume output persis di kisaran 0.00 db atau jangan sampai keluar tanda merah pada chanel outputnya (akan mengakibatkan suara pecah alias ngebrek).

Cat: set up mastering nya  menggunakan pilihan music ballad2, sehingga kesan yang ditonjolkan lebih ngencring. Mungkin nanti di sample berikutnya bisa pilih setup mastering yang lain sehingga bisa mebedakan hasilnya. Beda  genre musik pasti beda juga setup masteringnya.

Atau terkadang saya juga meng Upload ke www.myspace.com/Vidiamusicstudio's 
untuk sharing dengan pemusik-pemusik dan pe Record se jagat buana......kamu juga boleh unjuk gigi di sana.....
Untuk yang penasaran dan mau coba belajar silahkan download dulu FL 9 demo nya di  flstudio.image-line.com/documents/download.html .
Setelah dapat demonya baru nanti saya kasih Cracknya via email......kenapa sih kalau ga pakai crack? bisa dipakai gak? Bisa sih.... tapi tidak bisa nge save project kerja kita hanya paling bisa  melalui exportaudio saja. Sedangkan yang namanya ngarransement lagu tidak cukup waktu 1 - 2 jam. Kalau tidak bisa nge save ya percuma. Nah sekali lagi silahkan saya tawarkan Crack FL 9 hubungi saya via email :


hermawan.randam@yahoo.co.id 

Crack  akan saya kirim via email juga......

 MENGGUNAKAN PANNING PADA FL 9 
Pan setahu saya gunanya untuk mengatur balance atau juga bisa digunakan untuk mengatur arus setereo audio. Kadang kita juga suka mendengarkan beberapa lagu yang setereo melodinya kada ke arah speaker kira kemudian ke tengah kemudian ke kiri kemudian ke kanan - ya...kurang lebih putaran-putarannya tergantung pada selera - bisa jadi selera kelompok musiknya bisa jadi juga selera operator atau sound engineeringnya.
Contoh audio pada mastering audio saya di atas posisinya masih pada pan tengah semua...sehingga kesannya baik speaker sebelah kiri maupun kanan sama penuhnya, karena kumpulan suara seolah-olah di pantulkan di tengah-tengah. Menyebar ke kanan dan kekiri pada balance yang sama. Nah lain lagi bila menggunakan pan, di sana nanti terkesan agak sedikit eksentrik atau nyentrik atau bergaya dari pada sebuah lagu yang posisi pan nya di tengah semua. Nah....sekarang bagaimana menggunakan alur pan pada FL (Fruity Loop) ini ?
Bisa lihat gambar di bawah ini.....
Untuk mengatur arah paning  clik kanan > naik / turun / geser kanan / geser kiri sesuai selera.....


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini