Rabu, 26 Januari 2011

Menggunakan VST Expression Composer Set pada Cubase 5


Setelah kamu sudah memahami betul fungsi setting audio maka jangan lupa setiap mau membuat project baru di control dulu. Begitu juga audio setup nya. Nah sekarang kita masuk ke pelajaran berikutnya ( ...loh jadi inget ngajar di kelas), yaitu bagaimana membuat drum yang bersumber dari VST (Virtual Sound Teknologi) yang ada di software Cubase 5.
        

  • Buka software cubase > new project > VST  Expression composer setup > buat folder.
  •  Setting device > VST conection > output (sesuaikan dg sound driver komputermu). input (sesuaikan...), studio > disable control room (sesuaikan...). Setelah itu close.
  • Kita lihat pada tampilan seting VST Expression Composer set ini ada beberapa instrument default yang ditampilkan. Bila tidak kita butuhkan karena akan memenuhi layar saja maka boleh kita remove (clik kanan > remove).
  • Tapi yang kita butuhkan kita cek lagi sesuaikan suaranya sudah cocok belum. Misalnya kita pilih default seting an drum, Drum brust kit.Mengecek bunyi drumnya dengan cara tekan tombol pada kyboard (pilih tambilan virtual kyboard,.......bentuk tuts piano. Clik tanda titik di samping virtual kyboard ), maka setiap tuts pada kyboard komputer sekarang beralih fungsi sebagai tombol-tombol suara. Oktaf bisa di geser dengan cara menggeser tanda posisi (tanda 3 strip dibawah) virtual kyboard .
  • Bila suara Drum misalnya tidak cocok bisa kita pilih setingan yang lainnya (lihat gambar) di atas clik kotak kecil (gambar buku) atau library > pilih  (banyak sekali ) misalnya kita ambil Standard drum kit.
  • Untuk mengaktifkan dan menyimpan nada suara drum pertama kita batasi dulu jumlah bar  (birama) yang akan kita buat misalnya 1 atau 2 ..
  • Pasang metronom (.......)
  • Sorot kolom drum kit , tekan tombol Rec (warna merah) mainkan suara close symbal ikuti ketukan metronom. Bila suara ketukan simbal kita tidak sama dengan metronom bisa di edit dengan cara double Clik.                                                                                                                                                                           
Cat: Kamu bisa gasar geser sendiri dan membuat berbagai ketukan dan variasi dengan berbagai sumber suara yang telah disediakan pada VST. Kalau sudah jadi loop demi loop. Berikutnya tinggal copy dan pasti untuk loop-loop yang sama pada birama berikutnya.
Caranya. Clik sumber > edit > copy > paste kan pada bar yang dikehendaki.

Kalau sudah lancar dan paham betul maka untuk instrumen lain caranya sama.
Kemudian, misalnya setelah membuat drum sudah jadi kamu ingin mengisi rytem gitar. Caranya Clik poject > add track > audio > setereo/mono (pilih salah satu).  
Siapkan gitarnya, kalau ada back sound melalui back sound dulu > melalui line out > mixer > input komputer.

Bagi pemula selamat mencoba. Bagi yang sudah berpengalaman .........selamat jalan...


Artikel Terkait:


1 komentar:

Komentator Blog Ini