Selasa, 04 Januari 2011

Pilih Mana, Blogger atau Wordpress?

Bagi yang pertama kali mau blogging, mungkin bingung mau membuat blog dimana. Karena banyak sekali pilihan yang ditawarkan. Mulai dari penyedia blog luar seperti BloggerWordpressMultiplyBlogdrive, sampai yang lokal seperti BlogGaulBlogBolehDetik, danDagdigdug.
Di antara sekian banyak pilihan tempat blogging itu, kali ini mari kita ulas dan obrolkan tentang dua penyedia blog yang paling banyak dipakai saat ini, yakni blogger dan wordpress. Apa saja kesamaan keduanya? Dan apa pula yang menjadi kelebihan keduanya?
Dalam memilih apapun, kebanyakan dari kita pasti akan memilih yang bagus dan (kalau bisa) gratis. Kedua kriteria umum tadi sudah pasti bisa dipenuhi blogger dan wordpress. Tapi di samping dua hal tadi, keduanya memiliki kesamaan lain. Apa sajakah?
  1. Mudah digunakan. Keduanya sama-sama mudah digunakan. Semudah anda mengetik di program pengolah kata. Sebelum posting dipublikasikan, anda pun bisa melihat review-nya terlebih dulu. Membuatnya pun tidak sulit. Kita tinggal mengikuti petunjuknya yang cuma dalam beberapa langkah, maka jadilah blog kita.
  2. Tersedia pilihan template (theme). Keduanya sama-sama punya pilihan theme. Namun, secara jumlah, pilihan lebih banyak terdapat di Wordpress. Template atau theme ini pun sebenarnya bisa kita ganti dengan template lain yang beredar di internet.
Di samping itu, blogger memiliki keunggulan pada:
  1. Bisa mengubah desain. Dengan mengedit berkas style (CSS), kita bisa mengubah desain seperti yang kita inginkan.
  2. Bisa dibuat adsense. Mayoritas peraup uang dari Adsense yang menggunakan blog gratis, biasanya memakai blogger. Mungkin karena blogger dan adsense adalah sama-sama milik Google. Jadi lebih mudah untuk disetujui adsense-nya. Wordpress pun sebetulnya bisa, tapi harus memakai yang versi berbayar.
Contoh yang menggunakan blogger seperti Mas SatriyoMas ErickMas AgungMas Ichu, dan Pak Sumartono.
Sedang wordpress memiliki kelebihan antara lain:
  1. Adanya fitur kategori. Adanya kategori akan mempermudah pemilik dan pengunjung blog. Pemilik blog mudah untuk menentukan cakupan topik yang akan dibahas. Bagi pengunjung, fitur ini memudahkan untuk mencari topik tertentu yang diminati. Di wordpress, fitur ini secara otomatis muncul. Di blogger pun sebetulnya bisa dimunculkan, tapi perlu sedikit usaha.
  2. Mudah untuk berkomunikasi. Menurut saya ini merupakan salah satu kelebihan terpenting wordpress. Yaitu bisa melakukan pingback atau trackback. Sebab, pada hakikatnya setiap pemilik blog adalah makhluk sosial. Suka untuk bergaul dengan pemilik blog lainnya. Selain berkomentar, melakukan pingback dan trackback adalah cara lain berkomunikasi dengan pemilik blog lainnya.
  3. Ada statistik. Di wordpress tersedia plug in yang bisa menampilkan statistik, baik secara harian, mingguan, maupun bulanan. Ada juga informasi tentang jumlah pengakses setiap halaman beserta kata kuncinya. Semua informasi ini penting untuk memantau perkembangan blog anda. Sehingga anda pun bisa mengambil tindakan tepat untuk perkembangan blog anda.
Yang menggunakan Wordpress seperti MasHengkyMas Arief Maulana, dan Mas Abbie.
Di luar yang saya sebutkan di atas, tentu masih banyak sisi lain blogger dan wordpress. Anda mau menambahkannya? Atau mungkin bercerita tentang pengalaman blogging selama ini? Bagi yang belum punya blog, silakan ikutan nimbrung di sini.
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.


Related Posts:



Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentator Blog Ini