Senin, 07 Maret 2011

Cara Memasang Widget Plurk di Blog

Buat para Blogger yang sekaligus Plurker, anda tentunya ingin mempopulerkan Plurk anda, bukan? Nah, salah satu caranya untuk mempopulerkan Plurk anda adalah dengan memasang widget Plurk ke blog anda. Widget Plurk ada 2 macam, yaitu widget IFrame (HTML) dan widget gambar. Widget IFrame yaitu widget yang akan memunculkan tulisan terbaru dari Plurk anda (kecuali jika anda set privat Plurk anda), sedangkan widget gambar berfungsi sebagai link ke plurk anda. Ini berguna untuk platform blog seperti WordPress yang tidak dapat menampilkan javascript.

Sudahlah, sekarang langsung saja kita buat.

1. Login ke Plurk, lalu klik Sunting disebelah tulisan Profil Saya di bagian pojok kiri atas.


2. Lalu klik tab Widget.
3. Lalu akan tampil tampilan seperti ini.
4. Untuk widget IFrame, sesuaikan dulu lebar dan tinggi dari IFrame yang akan dipasang.
5. Anda juga bisa menyesuaikan warna dengan selera anda.
6. Akan terlihat preview dari widget IFrame Plurk anda.
7. Dibawahnya ada kode untuk dimasukkan ke Blogger. Cara memasukkannya copy semua kode tersebut, lalu login ke Blogger, klikRancangan > Elemen Halaman > Tambah Gadget >HTML/Javascript, lalu simpan.
Untuk widget Gambar, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Pastikan anda masih berada pada tab Widget. Klik tab Widget Gambar disamping tab Blog/Situs Jaringan (HTML)
2. Atur posisi dari widget tersebut. Apakah mau Horizontal atau Vertikal. Setelah itu klik Buat Widget Saya. Lalu akan muncul preview dari tampilan widget anda.

Ini contoh yang horizontal
Kalau yang ini untuk yang vertikal.
3. Lalu dibawahnya akan ada kode untuk memasukkan widget ini ke situs web/blog anda. Copy code yang diberikan Plurk, lalu paste di layout Blogger anda. Caranya sama yaitu login ke Blogger, klik Rancangan >Elemen Halaman > Tambah Gadget > HTML/Javascript, lalu simpan.
Selesai! Ini contoh preview untuk widget yang IFrame jika dipasang ke blog anda.
Preview aslinya dapat dilihat di blog Berita Dunia Maya yang sekarang sudah memakai domain dari co.tv. Jangan lupa add saya sebagai teman di Plurk disini. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini