Kamis, 17 Maret 2011

Tips memasang gambar diblog atau website agar tetap ringan

Memasang gambar pada setiap postingan di blog merupakan sarana agar apa yang kita tulis menjadi lebih mudah diterima oleh pembaca. Gambar yang dipasang bisa juga menjadi expresi sebuah tulisan atau lebih tepatnya menggambarkan apa yang kita tulis di dalam blog. Seperti halnya postingan tentang kebakaran akan lebih apik, lebih hidup dan mudah dipahami oleh pembacanya apabila diberi tambahan gambar atau foto rumah yang sedang terbakar. Postingan yang berisi tutorial akan lebih mudah dimengerti dan dipahami apabila disertakan gambar screenshotnya.

Namun terkadang dengan gambar yang dimasukkan akan membuat loading blog menjadi semakin berat jika gambar yang dimasukkan mempunyai volume yang besar. Nah …. agar gambar yang dipasang tidak membuat loading blog menjadi berat alias enteng loadingnya, mungkin tips berikut ini bisa menjadi alternative jalan keluarnya.

Program yang umum dipakai untuk mengedit gambar adalah program photoshop. Jika sahabat menggunakan photoshop, bukalah image atau sebuah gambar dengan menggunakan program tersebut. Setelah diatur segala sesuatunya, simpanlah dengan menggunakan perintah :

Klik menu file kemudian pilih save for web atau dengan menekan tombol Alt+Sift+Ctrl+S pada keyboard.



Atur konfigurasi pada panel sebelah kanan, preset, type JPG, GIFT atau lainnya, atur pula qualitynya.


Sambil mengatur konfigurasi diatas, sebaiknya sambil melihat perbedaan besar kecilnya file yang asli dan yang akan disimpan sesuai dengan pengaturan konfigurasi yang dilakukan. Disitu juga terlihat kecepatan loading gambar apabila tampil pada web atau blog. Semakin kecil voleme file, maka semakin cepat loadingnya. Tetapi kualitas juga lebih rendah. Aturlah sesuai keinginan. Jika sudah klik Save



Kini gambar siap diupload ke blog atau website. Semoga blog tidak menjadi berat loadingnya dan pengunjung juga senang membacanya.

Pengalaman sahabat dalam hal seperti ini tentunya sudah sangat luar biasa, maka sebaiknyalah pengalaman cara pasang gambar di blog agar tetap ringan loadingnya sangat diharapkan untuk disharenya disini. Silahkan ditambahkan pada kotak komentar bila berkenan berbagi dengan Sahabat semua.


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini