Minggu, 13 Maret 2011

Mengatasi Windows Media Center Virus pada Windows 7

Saya sangat bersyukur sekali bisa membantu orang lain untuk memperbaiki komputer ataupun laptop mereka. Alhamdulillah, karena dengan adanya hal ini berarti ada yang berguna dari diri ini meskipun sedikit. Ya sudah kok malah nggelambyar.

Virus Windows Media Center ini menyerang semua file .exe yang merupakan ekstensi yang sangat penting dalam lingkungan Windows. Ketika file yang megandung virus ini dieksekusi, semua program yang ada di Windows (karena berekstensi .exe) akan tidak bisa dijalankan dan akan direferrer (dikaitkan) Windows Media Center. Termasuk Task Manager, msconfig, dan aplikasi penting Windows lainnya. Misalnya ketika kita menjalankan Winamp maka yang terbuka adalah Windows Media Center. Begitu juga shortcut program di Windows akan berubah iconnya menjadi icon Windows Media Center. Tapi jangan panik dulu karena masih bisa membuka explorer untuk manajemen file.


Setelah mencoba beberapa cara dari masuk safe mode sampai restore system, namun masih belum bisa mengatasi virus satu ini. Akhirnya ane menemukan inti permasalahannya berdasar analisa ane sendiri (mohon maaf kalo salah). Ternyata si virus Media Center ini hanya bermain pada registry Windows.
Langkah untuk mengatasinya adalah:
  1. Download file yang akan dijalankan untuk memperbaiki regedit di sini. Setelah menjalankan file tersebut seharusnya semua file .exe akan kembali berjalan normal.
  2. Jika masih belum berhasil, ketik regedit pada run.
  3. Masuk ke HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Explorer \ FileExts \ .exe
  4. Hapus semua entry yang berhubungan dengan Windows Media Center.
Ane telah mencobanya dan bekerja dengan baik pada Windows 7. Sebelumnya ane juga pernah mengalami kasus yang sama, tapi dengan sistem operasi Windows Vista dan program yang dijadikan referrer virus adalah Internet Explorer. Dari kasusnya cara penangannya kemungkinan besar sama karena kuncinya ada pada registry Windows.

Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini