Minggu, 27 Maret 2011

Mempercepat loading time website dengan mime type

php_designer.pngHappy chinese new year and happy valentine days. Kebetulan banget ya 2 hari yang baik bisa bertemu dalam tanggal dan bulan yang sama :D kayaknya ini waktu yang tepat untuk liburan panjang menghilangkan stress karena kerjaan :D
Daripada liburan gak ada yang di kerjakan, bagaimana kalau kita belajar membuat website supaya loading time website jadi lebih cepat? asik kan kalau punya website yang gampang di buka oleh semua orang
Kali ini webmaster informations mau menjelaskan sedikit cara agar bisa membuat loading time website menjadi lebih cepat dengan menggunakan .htaccess untuk para pengguna cpanel.
Banyak alasan kenapa anda harus membuat website anda menjadi ringan seringan mungkin (jangan kayak blog ini tiap halaman aja rata2 51kb). Anda bisa membayangkan sendiri jika blog anda jauh lebih berat dari blog webmaster informations ini dan anda hanya memiliki bandwidth pas-pasan tiap bulannya. Jika pengunjung anda tiba-tiba ramai mungkin website anda akan muncul halaman bandwidth excangede atau kehabisan bandwidth.
Lagipula website yang sangat berat di akses, para pengunjung akan pergi duluan sebelum berhasil membukan halaman pertama website anda. Lebih banyak ruginya kan kalau punya website yang terlalu berat?
Cara membuat Website Jadi Ringan Secara Manual
Bebarapa cara yang umum di lakukan untuk membuat website agar menjadi lebih ringan di antaranya:
- Kurangi atau jangan menggunakan javascript yang tidak penting (seperti gambar/warna kelap kelip,salju,background bergerak dll)
- Jika anda menggunakan banyak javascript, gunakanlah javascript compressor atau javascript combine agar javascript anda dapat di panggil sekaligus supaya tampilan website lebih cepat terbuka dan lebih ringan
- Buang semua barisan pada stylesheet css yang tidak di gunakan (makin sedikit pada css makin bagus dan ringan0
- Jika tidak menyebabkan error anda bisa mencoba menggabungkan javascript dan css agar bisa di panggil sekaligus
- Buang semua baris HTML yang tidak di gunakan. Tag HTML yang tidak benar dapat memperlambat kinerja loading website
- Kurangi atau kompress semua gambar yang di pasang di website anda
- Pada bagian template jangan banyak masang gambar yang aneh dan berat
- Selalu masuk ke PhpMyAdmin Untuk melakukan optimize table databases yang di gunakan
Cara Membuat website Menjadi Ringan Melalui Server
Hampir sebagian hoster pemula tidak menyadari fungsi-fungsi cpanel dan modul-modul pada server yang mereka gunakan. Mungkin saja sebagian berpikir, hanya membayar sewa hosting dan membat website maka jadi deh….
Tidak seperti itu juga, modul-modul yang di pasang di server yang anda gunakan pada umumya memiliki fungsi masing-masing yang bisa anda manfaatkan kapan saja sesuai keperluan anda. Salah satunya adalah membuat website anda menjadi lebih ringan dengan menggunakan gzip melalui mime type.
Pada umumnya semua program aplikasi yang kita jalankan di website kita menggunakan konfigurasi dari mime type. Jadi untuk bisa mempercepat loading website dan membuat website jadi lebih ringan, yang kita lakukan adalah mengkompress semua file yang di kirim ke pengunjung website kita melalui mime type (bener gak sih penjelasannya?)
Ingat tips ini hanya berlaku apabila server yang kamu gunakan mendukung modul-modul untuk kompress dan modul zend optimalizer. Beberapa hari ini webmaster informations hanya mempraktekkan pada server yang di gunakan oleh hostbagus.com dan hasilnya sukses 100% tanpa error.
Pertama salin kode berikut ini lalu simpan sebagai .htaccess
<IfModule mod_deflate.c>
AddOutPutFilterByType DEFLATE text/html text/plain text/xml text/javascript text/css text/xhtml text/xhtml text/xml application/atom+xml application/pls+xml application/vnd.ms-powerpoint image/x-portable-pixmap application/smil+xml image/gif application/atomsvc+xml application/vnd.pg.format text/vnd.wap.wmlscript audio/vnd.nuera.ecelp9600 image/png image/ief video/mpeg text/richtext text/vnd.sun.j2me.app-descriptor text/vnd.in3d.spot video/x-ms-wm audio/x-ms-wma application/xhtml+xml video/mp4 application/vnd.ms-fontobject text/x-setext text/x-config video/x-msvideo text/x-c image/vnd.wap.wbmp image/vnd.fujixerox.edmics-mmr image/x-rgb application/rdf+xml application/xslt+xml text/x-pascal text/x-vcalendar video/x-fli audio/wav image/x-icon image/svg+xml video/3gpp application/x-tar image/jpeg text/x-uuencode application/javascript text/csv application/x-gzip audio/mpeg application/cgi text/vnd.wap.wml application/x-rar-compressed application/x-img application/x-shockwave-flash image/vnd.adobe.photoshop audio/mp4 images/gif application/gif
<IfModule mod_setenvif.c>
# Netscape 4.x has some problems…
BrowserMatch ^Mozilla/4 gzip
# Netscape 4.06-4.08 have some more problems
BrowserMatch ^Mozilla/4\.0[678] gzip
# MSIE masquerades as Netscape, but it is fine
# BrowserMatch \bMSIE !gzip
# NOTE: Due to a bug in mod_setenvif up to Apache 2.0.48
# the above regex won’t work. You can use the following
# workaround to get the desired effect:
BrowserMatch \bMSI[E] !gzip
# compress images
SetEnvIfNoCase Request_URI .(?:gif|jpe?g|png)$ gzip vary
</IfModule>
<IfModule mod_headers.c>
# Make sure proxies don’t deliver the wrong content
Header append Vary User-Agent env=!vary
</IfModule>
</IfModule>
Setelah itu upload file .htaccess ke root /home atau di luar public_html. Sebagai tambahan, gunakan juga fungsi ApacheHandlers yang terdapat pada cpanel yang anda gunakan untuk memanggil mod_deflate atau salin kode .htaccess berikut ini dan letakkan di dalam folder public_html
AddHandler mod_deflate .js
AddHandler mod_deflate .css
AddHandler mod_deflate .html
AddHandler mod_deflate .txt
AddHandler mod_deflate .xml
AddHandler mod_deflate .xhtml
AddHandler mod_deflate .png
AddHandler mod_deflate .jpg
AddHandler mod_deflate .gif
Jika kurang atau lebih, silahkan anda modif kembali kode .htaccess yang di atas.
Ingat trik ini 100% berhasil di praktekkan di server hosting hostbagus.com dan tidak mengalami error karena dukungan modul pada server memang memenuhi syarat. Jika anda mencoba di server lain dan mengalami internal server error atau error lain, sebaiknya anda menghapus file atau barisan kode .htaccess seperti di atas.
Akhir kata akhir cerita, webmaster informations ucapkan selamat mencoba


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini