Minggu, 13 Maret 2011

Tips Promosi Blog

imageSebelumnya saya sudah pernah membahas bagaimana tips promosi blog ke berbagai situs directory dan melakukan pendaftaran blog ke beberapa mesin pencari. Kali ini sebenarnya hampir sama, tapi saya akan menjelaskan lebih banyak cara promosi blog yang selama ini saya lakukan. Tips ini saya tulis untuk blogger yang benar - benar peduli untuk meningkatkan SEO di mata mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing. 

Baiklah, buat blogger pemula..berikut sedikit tips dari saya untuk promosi blog sobat. 

Promosi Blog lewat situs Social Bookmark 

Situs Social Bookmark adalah tempatnya para blogger pamer blog, mereka para blogger senior pun pasti pernah mendaftar di situs social bookmark. Karena jumlahnya sangat banyak, maka kesempatan blog sobat untuk di baca oleh pengunjung yang juga para blogger semakin kecil. Tapi tidak apa, terus perbanyak postingan dengan content yang menarik dan saran saya lakukan promosi segencar - gencarnya. Situs social bookmark ini juga memberikan kita backlink. Berikut beberapa situs social bookmarknya : 
  1. http://www.technorati.com
  2. http://www.mybloglog.com
  3. http://digg.com
  4. http://delicious.com
  5. http://www.scribd.com
  6. http://www.stumbleupon.com
  7. http://www.squidoo.com/squidoo
  8. http://www.bibsonomy.org
  9. http://www.propeller.com
  10. http://www.reddit.com
Silahkan daftarkan blog sobat pada situs diatas, semoga blog sobat cepat dikenal dan naik popularitasnya.


Daftarkan blog ke situs Article Submission 

Apa itu article submission? dari namanya saja sebenarnya sobat sudah bisa menebak artinya. Situs ini menyediakan tempat untuk para blogger menulis artikel tentang blog mereka. Tidak usah terlalu panjang lebar dalam menginput artikelnya, yang penting isinya dapat diterima dan di mengerti. Situs ini juga bisa memberikan sobat backlink, jika sobat tertarik, berikut ada beberapa situs yang bisa sobat kunjungi : 
  1. http://www.ezinearticles.com
  2. http://www.articlebiz.com
  3. http://www.articledashboard.com
  4. http://www.approvedarticles.com
  5. http://www.articletrader.com
  6. http://www.articlecube.com
  7. http://www.a1-articledirectory.com
  8. http://www.earticlesonline.com
  9. http://www.myarticlemall.com
  10. http://www.articlecity.com

Silahkan daftarkan blog sobat pada beberapa situs diatas dan input artikel sobat sesuai dengan tema blog sobat.


Ping Service 

Ping service adalah layanan untuk memudahkan kita mengirim update data terbaru blog kita ke beberapa situs dalam satu kali input. Sangat mudah, sekali klik blog sobat langsung terkirim ke banyak situs ternama. Layanan ini bagus dan penggunaanya pun sangat mudah, bisanya yang diperlukan hanya nama blog dan url blog sobat dalam nge-ping. Berikut beberapa layanan ping service favorit saya yang bisa sobat coba : 
  1. http://www.mypagerank.net/service_pingservice_index
  2. http://pingomatic.com
  3. http://pingoat.com
  4. http://rpc.weblogs.com
  5. http://autopinger.com
  6. http://pingmyblog.com
  7. http://www.kping.com
  8. http://bitacoras.com/agregador/enviar
  9. http://feedshark.brainbliss.com 
Saran saya : lakukan ping setelah sobat update blog, lakukan ping setelah sobat posting artikel terbaru, lakukan ping seperlunya dan jangan terlalu sering melakukan ping karena bisa di anggap spam.


Berkomentar pada blog yang dofollow 

Tentu ini merupakan promosi blog yang paling mudah, karena cuman memberi komentar pada blog yang kita kunjungi kita bisa dapat backlink. Cari blog ber PR tinggi, kemudian beri komentar dan jangan terlalu sering karena bisa dianggap spam. Beri komentar yang baik, jangan terlalu banyak mengkritik postingan yang empunya blog, apalagi sampai menghina karena komentar sobat bisa - bisa dihapus dan di blacklist sama yang empunya blog. 

Tukeran Link / Link Exchange 

Lakukan pertukaran link atau banner dengan blogger lain. Tentunya dengan blog yang sudah punya PR, apalagi PR-nya tinggi. Karena dengan bertukar link atau banner, blog sobat akan ikut terdongkrak posisinya di mata google atau istilah lainnya numpang beken. Lakukan tuker link sebanyak-banyaknya untuk menigkatkan PR blog sobat, dan tukeran link dengan blog yang sejenis atau 1 tema dengan blog sobat.


Cari link dari PR tinggi 

Berburu link PR tinggi salah satu cara kita mengetahui jumlah PR pada suatublog/website. Tidak ada salahnya kita berburu link PR tinggi sekalian tukeran link. Untuk mengetahui nilai link pada sebuah blog sobat bisa menggunakan layanan tools gratis yang di sediakan oleh iwebtools. Caranya sangat mudah : 
  1. Masuk ke iwebtools.
  2. Isi alamat blog yang sobat inginkan
  3. Kemudian contreng radio button pada tulisan Show links with rel="nofollow" dan Show external links
  4. Kemudian klik tombol Check



    Sobat bisa lihat hasilnya, nah ada banyak angka - angka pada sisi setiap sidebar atau postingan. 



    Sobat bisa lihat daerah mana yang bisa memberikan kita backlink, kemudian lakukan tuker link dengan yang empunya blog. Blog diatas hanya contoh dari blog saya dan saya sengaja tidak memperlihatkan halaman blogroll atau tempat tuker link pada blog saya. Cari halaman blogroll pada blog yang sobat cari visual pagerank nya untuk melihat link - link dari blogger lain. 

Itu saja tips yang saya bisa berikan kali ini, sebenarnya masih ada lagi beberapa tips sederhana cara promosi blog. Tapi nanti saja saya lanjutakan lain kali, Karena terlalu banyak menulis, tangan saya agak sedikit pegal nih.. 

Semoga tips tadi bermanfaat dan semoga sukses dalam promosi blognya.


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentator Blog Ini