Kamis, 17 Maret 2011

Tips Memilih Template Blog Yang Benar dan Ringan Loading

Mencoba banyak pilihan template bagi blogger pemula adalah hal yang biasa,, karena mereka ingin mempunyai blog yang bagus dan keren,,,hmmm,,yaah hal ini sudah ane alami bebrp waktu yang lalu,,,tapi tidak memikirkan bagimana berat dan isi template tersebut,,hanya melihat dari tampilnnya saja,,,hehehe,,maklum pemula,,,^^. Tapi sekarang coba kita ketikkan diGoogle atau search engine lainnya dengan keyword "blogger template". Setalah kita menekan Enter atau meng-klik [Telusuri], maka akan ditampilkan ribuan situs atau blog yang menyediakan template untuk tampilan Blogger, baik yang gratis maupun yang dijual. Kira-kira, setelah kita berada pada sebuah website dengan ratusan template yang cukup memanjakan mata,hehehe., template
atau tampilan seperti apa yang bakal kita pilih? Apa yang putih bersih, hitam polos, atau yang hampir tidak ketahuan warna dasarnya alias benar-benar glamor? Hmmmmmmmm,,.....Agar lebih mudah menentukan template mana yang digunakan, ane akan coba rangkumkan beberapa tips yang mungkin bisa membantu.,sobat2 semua ^^,..mari kita kemon ,,cekidot ^^ :
  1. Tentukan tema yang akan dibahas di blog kita. Ini bisa mempengaruhi tema template blog kita. Misalnya, blog kita membahas tentang Travel bisnis. Nggak akan nyambung kan jika tampilan blog kita temanya Go Green,,wkwkwkwk :) . Membahas tentang tips dan trik Bisnis Online, tapi yang muncul di postingan malah ikon Corel Draw ,,aduuuuh ^^. Tapi kalau blog kita tentang makanan dan di headernya ada gambar semangkok bakso, cocok kan?,,betulah kira2,,,yaaa ^^ .
  2. Yang ini lumayan penting untuk dicermati.Tentukan target pembaca blog kita. Mahasiswa, dosen, orang tua, remaja, pelaku bisnis, anak-anak, atau semua umur? atau makhluk luar angkasa,,hehehe :)...canda sob ^^. Ini berhubungan dengan konten blog. Nggak asyik kan misalnya blog kita membahas masalah laporan keuangan tapi font tulisannya ukuran 20. gede bget cooooyy ^^. Males juga bacanya walaupun tulisannya cukup jelas untuk dibaca. Itu cocoknya untuk anak yang baru belajar baca tulis.,hihihihi ^^ .
  3. Nyaman dan enak dilihat oleh pengunjung dan kita sendiri sebagai pemilik blog.Ini penting untuk mensetting template waktu pertama kali membuat blog. Walaupun misalnya blog kita itu tampilannya minimalis, tapi jangan keterlaluan amat donk. ^^ Masa putih semua? hahahaha,.. :) . Panas juga kan mata pembaca kalau lama-lama berada di blog kita. Paling nggak kasih garis pembatas dengan warna mencolok yang tetap nyambung dengan tema/template, ataubeberapa gambar/emoticon lucu untuk memaniskan suasana asalkan kerapian tetap terjaga dan juga bisa menjaga pengunjung untuk betah di blog kita., terlalu kontras memang gak baik buat mata,,^^ . hehe :) .
  4. Kemudian,...keberadaan dan penggunaan menu-menu navigasi . Ini penting agar sobat/sobit blog kita mudah mencari apa yang mereka butuhkan dari blog kita. Menu yang paling umum adalah kategori. Bisa ditaruh di mana saja, asalkan mudah ditemukan dan rapi yaaaaa ^^. Navigasi yang membingungkan akan membuat pembaca nggak betah berada di blog kita. Daripada pusing, mending cari yang lain, gitu mikirnya! fiuuuuuuuh,,....@_@.
  5. Memiliki tempat-tempat widget yang cocok dan fungsional. Ini bisa sidebar, footer, post footer, post header, atau comment footer. Kira-kira widget apa yang akan kita pasang? Fasilitas Chating, Buku tamu ( CBOX/ShoutMIx ), Penghitung jumlah pengunjung, mesin pencari, atau mungkin banner iklan dan link sahabat. Yang jelas jangan sampai tambahan-tambahan tersebut mengganggu penampilan blog, terutama konten/postingn kita.....yaaa ^^.
  6. Ini seharusnya diketahui untuk baru membut blog, kita harus mempunyai karakter masing2/sesuaikan dengan pribadi kita masing-masing,,seleraaa yaaa ^^. Kita nggak mau kan menggunakan template karena terpaksa? Kalau kita orangnya acak-acakan ya bolehlah....Tapi kalau rapi, itu lebih bagus lagi. Poin ini bisa kita jadi tambahan untuk poin nomor satu. Kita buat blog untuk siapa? Kita sendiri, teman-teman kita, atau orang-orang lain khususnya sobat sobit blogger yang lebih luas.
  7. Mungkin yang terakhir adalah mengeTes tampilan di beberapa web browser. Ini penting mengingat browser yang ada saat ini beraneka ragam ( Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera,Safari,Flock Browser atau apalah. Cara membacanya pun berbeda-beda. Kita nggak mau kan kalau sidebar yang muncul di sebelah artikel kita saat dibaca oleh FireFox, malah ada di bawah artikel saat dibaca oleh Goole Chrome, misalnya.,,aneh kan jadinya ^^,,he:).
Kalau ane pribadi sih,.... lebih memilih template yang minimalis, ringan di load, sesuai tema isi, tetapi tetap tidak minimal fitur, kenyamanan dan tampilan ( bukan berarti tamplate ane masuk dalam semua kategori diatas yaaa ,,sob ^^ ) . Saya melihat situs-situs populer di jagat maya ini karena tampilannya memang berwarna dasar (putih,hitam,coklat,) minimalis tetapi menarik dan efektif. Contohnya adalah GoogleWikipediaFlickrYahoo Answers, dan beberapa lainnya. Kecuali memang situs-situs yang berhubungan dengan grafis seperti EA GamesAdobe, dan juga Corel.,itu memang perlu untuk mendukung website mereka...^^ .
Perhatian : Postingan ini hanya untuk kita sharing aja sesama pemakai dan pengguna blog,,tidak ada unsur apapun sob,,,sekali lagi kembali ke masalah selera masing2 yaaa ^^,.ini juga hasil survey ane di mbah google dan bebrapa artikel sobat2 lainnya :) ... mau hitam,kuning, hijau atau aplah,,,, saranya sih rapi aj yaahhh ^^ . huhuuuuuuuy....^^ .
Semoga bermanfaat yah^^ ,..... :) . Sekian dari ane ^^ . :) ,......................yuukk mareeee :)


Artikel Terkait:


1 komentar:

Komentator Blog Ini