Sabtu, 12 Maret 2011

Video Gempa Dan Tsunami Di Jepang 8.9 SR!

Gempa bumi berkekuatan 8,9 terjadi di lepas pantai di Jepang timur laut, Jumat (11/3/2011). Gempa tersebut menguncang bangunan-bangunan di ibukota Tokyo, menyebabkan "banyak orang terluka", serta setidaknya satu kebakaran dan memicu peringatan tsunami hingga 10 meter, lapor televisi NHK dan saksi.

NHK memperlihatkan gambar asap hitam mengepul dari sebuah bangunan di Odaiba, daerah pinggiran Tokyo, dan kereta api cepat ke utara negara itu dihentikan.Gambar televisi menunjukkan mobil-mobil terayun-ayun di air di samping perahu.

Sebuah tsunami setinggi 50 cm menghantam pantai utara Jepang. "Bangunan ini berguncang untuk waktu yang terasa lama dan banyak orang di ruang berita meraih helm mereka dan beberapa masuk ke bawah meja," kata koresponden Reuters, Linda Sieg. "Mungkin ini gempat yang terburuk yang saya rasakan sejak saya datang ke Jepang lebih dari 20 tahun lalu. "

Tsunami juga melanda Kota Kamaichi yang berada di sebelah utara Jepang. Hampir seluruh kota tersebut hancur luluh lantah dan terendam air hingga 10 meter.Demikian dilansir Reuters, Jumat (11/3/2011). Gambar di televisi menunjukkan air telah menghanyutkan kapal-kapal, mobil-mobil, dan truk-truk.

Sementara itu di Yokohama, kebakaran terjadi di mana-mana. Asap hitam terpantau di area Isogo, Yokohama.Tsunami telah membuat kota-kota di Jepang luluh lantak. Api dengan ketinggian sekitar delapan kaki menerjang ruman-rumah, pabrik-pabrik, dan gedung-gedung di negara tersebut.

Menurut badan Survei Geologi AS atau USGS, gempa tersebut berkekuatan 8,9 SR dan melanda sekitar 400 kilometer dari Tokyo dengan kedalaman 20 mil.Menurut saksi-saksi mata, saat gempa terjadi, kereta super cepat Shinkansen yang tengah melaju pun mendadak berhenti.

Beberapa hari terakhir ini Jepang beberapa kali diguncang gempa. Termasuk gempa berkekuatan 7,3 SR yang melanda Jepang pada Rabu, 9 Maret lalu.Peringatan tsunami telah dikeluarkan dan berlaku bagi Indonesia pula. Tsunami hingga 1 meter diperkirakan terjadi di bagian timur Indonesia pada pukul 19.30 WIB.


Untuk informasi lebih lengkapnya bisa lihat tread peringatan gempa bumi klik disini



Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini