Sabtu, 12 Maret 2011

Cara menambahkan menu Meebo ke web/blog

Bagi blogger yang sudah pengalaman di dunia blogging, pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya Sharepack atau social bookmark seperti del.icio.us, stumbel dan sebagainya. Yah, memang sharepack sangat berguna untuk meningkatkan traffic blog anda. Visitor yang pernah mengunjungi blog anda, mungkin saja tertarik dan membagikan artikel itu kepada teman - temannya yang lain sehingga tentu saja anda mendapatkan visitor ekstra.

Ada banyak sekali cara untuk memasang sharepack atau tombol berbagi itu, ada yang sudah disediakan oleh web tertentu, ada juga yang memerlukan code - code tertentu yang tentunya anda bisa sepuasnya mengutak - atiknya. Nah, salah satu penyedia tombol berbagi ini adalah Meebo. Yah, setelah mencari - cari sharepack yang sesuai dengan selera saya, akhirnya saya menemukan yang satu ini. Sharing tool yang ada pada Meebo sangat berbeda dengan sharing tool yang pernah saya jumpai sebelumnya. Di Meebo, anda bisa saja berbagi apa saja yang ada pada halaman blog anda dengan cara click, drag and drop, dan langsung bagikan ke media social seperti facebook dan twitter. Ada beberapa keuntungan menggunakan sharing tool seperti ini. Yang pertama, pastinya akan meningkatkan traffic anda, meningkatkan tautan atau link ke blog anda, artikel anda bisa diakses di lebih dari 100 media sosial, dan masih banyak lagi. Silakan dipikirkan!

Selain Sharing tool, di Meebo, anda juga diberi kesempatan untuk menambah keindahan blog anda dengan menambahkan Meebo bar. Meebo bar, lagi - lagi, anda bisa menambahkan tombol berbagi pada bar tersebut. Meebo bar ini mirip dengan bar jebolan wibiya.com tapi tidak kalah menariknya. Pada bar ini, anda bisa menggunakan berbagai fasilitas chat seperti facebook, YM, Google Talk dan macam - macam. Menarik bukan? Nah, kita langsung saja yah ke cara buatnya. Ok, Here we go!

1. Silakan anda menuju ke Meboo bar terlebih dahulu, klik disini.
2. Anda akan dibawa ke halaman Meebo bar dengan tampilan sebagai berikut.


3. Klik tombol "Get it Now"
4. Akan muncul form registrasi Meebo seperti berikut. Isi sesuai dengan informasi anda. Setelah diisi, jangan lupa centang box "terms of service" - nya kemudian klik continue.




 5. Masukkan nama blog anda dan alamat url-nya, klik continue.


6. Sekarang, pilih platform anda. (saya sih, masih setia sama blogger, hehehe)


7. Tunggu sampai muncul seperti berikut. Selanjutnya klik "Add Meebo bar Javascript" yang akan membawa anda ke jendela konfirmasi "add widget" blogger. Klik saja "Add Widget". Anda bisa mengaturnya nanti (sebaiknya diletakkan diatas post).


8. Klik "Next". Cukup sampai disitu, anda sudah terdaftar di Meebo dan telah memiliki bar dan sharing tool. 

9. Silakan konfirmasi email anda untuk memastikan Meebo bar anda bisa terpakai.


Nah, sekarang, bagaimana caranya menambahkan tombol bookmark atau tombol macam - macam ke Meebo bar? Silakan menuju ke Dashboard akun Meebo anda (setelah anda konfirmasi email, klik "Go to my Button Settings"), dan klik Control Panel. Drag tombol - tombol yang tersedia ke bar untuk menambahkan, atau kalau anda tida puas, anda bisa mengembalikannya dengan cara drag pula. Untuk twitter dan rss, dan perlu memasukkan username anda dan url rss anda.


Finally, silakan buka blog atau refresh blog anda, anda akan melihat Meebo bar di bagian bawah screen anda. Nah, untuk menggunakan share tool nya, anda tinggal view full post artikel anda, dan coba dekatkan pointer anda ke salah satu gambar yang ada diposting anda, akan muncul seperti ini. Anda juga bisa melakukannya pada judul post anda. Kemudian dragdan drop di salah satu tombol share tool tersebut. Mudah kan? Ini adalah screen shoot salah satu artikel ku yang saya share melalu facebook.


Sekian, semoga bermanfaat, jangan lupa follow blog ini atau berlangganan melalui feed sunrise. Keep Blogging with Blogger.




Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini