Senin, 28 Maret 2011

Pengertian Algoritma Pembuatan Gitar

dave.a.m's Avatar             Menurut saya Algoritma itu ialah Suatu hasil pertimbangan akal dan pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa .Suatu kisah ketika kita ingin membuat suatu alat musik Gitar kita pastikan memikirkan konsep-konsepnya terlebih dahulu ,seperti bahan-bahan & alat yang akan kita gunakan jika suatu konsep sudah terkumpul dan tersusun rapi dalam sebuah rencana maka kita tinggal melaksanakannya sesuai konsep tadi yang sudah kita bentuk / tersusun. Nah disini saya akan menjelaskan step by step mengenai proses pembuatan Gitar akustik Biasa. Berikut langkah-langkahnya :

1. Tahap Awal (Pembuatan Body)
    - Bahan dari kayu Cyprus dan Triplek
    - Caranya : Triplek dipotong panjang sesuai ukuran kemudian dihaluskan dengan menggunakan mesin. Setelah halus dimasukan ke dalam cetakan lalu dijepit dengan klem kecil kemudian dipasang klose lalu dijemur. Setelah kering kemudian dipasang krem (tulang-tulang) dengan lem lalu dijemur lagi. Setelah kering dan triplek telah terbentuk lalu dilepas dari cetqakan kemudian dipasang palang. Setelah pemasangan palang selesai kemudian dipasang triplek besar pada bagian depan dan belakang dengan menggunakan lem kayu, kemudian dijepit dengan klem besar lalu dijemur sampai kering. Setelah kering triplek bagian depan dan belakang dipotong mengikuti bentuk gitar. Proses terakhir dari tahap awal ini adalah membentuk lubang resonansi sesuai ukuran.


2. Pembuatan Neck (Stang Gitar)
    - Bahan dari kayu mahoni, waru atau maple.
    - Caranya : Bahan dikeringkan dengan sinar matahari atau menggunakan Oven.. Kemudian kayu dibentuk sesuai bentuk Neck (Stang).


3. Penyambungan Body dan Neck
    - Caranya : Neck disesuaikan dengn body, setelah sesuai kemudian disatukan dengan lem dan dipaku. Setelah itu kemudian dihaluskan kemudian dipasang Kreplang (Fingerboard) dengan menggunakan lem.


4. Proses Penghalusan atau Pendempulan
    - Caranya : Setelah body dan neck dipasang tahap yang harus dilakukan selanjutnya adalah proses penghalusan atau pendempulan gitar dengan amplas kasar, kemudian didempul lalu dijemur sampai kering. Setelah kering lalu diamplas kembali dengan amplas nomer 120 kemudian bagian neck dilubangi untuk memasang senar kemudian disending ( Tiner dan pengeras) sebanyak dua kali lalu dijemur kembali. Setelah kering kemudian diamplas kembali dengan amplas nomer 240 supaya lebih halus.


5. Pembuatan Block (Tempat Senar)
    - Caranya : Bahan dari kayu sono keeling yang dibentuk sesuai dengan contoh konsep atau sesuai Selera yang diinginkan (tidak ada patokan). Cara menempelnya dengan menggunakan lem dan disekrup. Bentuk / model tergantung seri gitar yang akan kita buat / yg akan kita produksi.


6. Finishing atau Tahap Akhir
    - Caranya : Pengecatan, dilapisi dengan melamine dan dikeringkan dengan oven agar tidak terkena debu, Pemasangan kawat (krep), pemasangan block, pemasangan breh atas dan breh bawah (bahannya terbuat dari plastic), pemasangan list (dari mika dengan lem castol atau dengan spidol besar), pemasangan steamer, senar, merk, kemudian dibungkus dan di Packing (Biasanya satu packing berisi 6 buah senar gitar) Kemudian bisa kita tes dan langsung mainkan deh.

Sekian dari saya semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa di terima oleh pak anto ^_^
                                                                                                  



Berita Seputar Pembuatan Guitar:










Jika anda ingin menstemkan gitar akustik anda tinggal buka video di bawah :

Penyeteman Guitar akustik Dengan Los Senar:










Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini