Selasa, 01 Maret 2011

Widget Follower Hilang Terus

Beberapa hari ini saya lagi pusing. Bukan karena lagi tidak punya uang alias bokek. Ini gara-garanya ada yang tidak beres dengan blog saya. Widget follower yang saya pasang sudah beberapa hari ini menghilang tidak ketahuan rimbanya (heheheh... seperti kasus anak yang hilang ya!!). Awal pertama tahu hal ini saya agak kaget sih. Apa ya kira-kira penyebabnya. Awalnya saya mengira mungkin servernya Google lagi down. Tapi saya ragu masa sih Google bisa down. Lalu saya putuskan untuk bertanya kepada ahlinya, siapa lagi kalau bukan Oppa Google. Akhirnya saya dapet sedikit tips dari blog Opelangi.blogspot.com. Berikut tipsnya asli dari blog yang bersangkutan.

Sebelum masuk ke bagian tips, pertama-tama saya ucapkan terima kasih untuk Mas Ade karena sudah sharing informasi ini (wah kok malah seperti pidato. hehehe... :-)). Oke langsung ke tipsnya.

Alternatif yang ditawarkan adalah dengan menambahkan script HTML dari elemen halaman blogger. Caranya seperti berikut

  1. Setelah sobat login ke blogger, dari dashboard lalu masuk ke halaman Layout/Tata Letak.
  2. Lalu di bagian sidebar klik Add a Gadget/Tambah Gadget.
  3. Kemudian klik opsi atau pilihan HTML/JavaScript.
  4. Kalau sudah masukan kode script berikut di kolom Contents/Isi.
    <!-- Include the Google Friend Connect javascript library. -->
    <script src="http://www.google.com/friendconnect/script/friendconnect.js" type="text/javascript"></script>
    <!-- Define the div tag where the gadget will be inserted. -->
    <div id="div-6056037006948544133" style="width:377px;border:1px solid #C3D9FF;"></div>
    <!-- Render the gadget into a div. -->
    <script type="text/javascript">
    var skin = {};
    skin['BORDER_COLOR'] = '#C3D9FF';
    skin['ENDCAP_BG_COLOR'] = '#C3D9FF';
    skin['ENDCAP_TEXT_COLOR'] = '#000099';
    skin['ENDCAP_LINK_COLOR'] = '#990000';
    skin['ALTERNATE_BG_COLOR'] = '#ffffff';
    skin['CONTENT_BG_COLOR'] = '#FFFFFF';
    skin['CONTENT_LINK_COLOR'] = '#0000cc';
    skin['CONTENT_TEXT_COLOR'] = '#333333';
    skin['CONTENT_SECONDARY_LINK_COLOR'] = '#7777cc';
    skin['CONTENT_SECONDARY_TEXT_COLOR'] = '#666666';
    skin['CONTENT_HEADLINE_COLOR'] = '#333333';
    skin['NUMBER_ROWS'] = '4';
    google.friendconnect.container.setParentUrl('/' /* location of rpc_relay.html and canvas.html */);
    google.friendconnect.container.renderMembersGadget(
    { id: 'div-6056037006948544133',
    site: '03363730159203948713' },
    skin);
    </script>
  5. Lalu untuk kode yang berwarna merah, ganti dengan id blog sobat sendiri. Nah, kalau sudah ingat diSave/Simpan.

Script ini tersedia di google dialamat: http://www.google.com/friendconnect. Akhirnya saya bisa memasang widget ini lagi. Yah, walaupun belum ada yang following, setidaknya saya sudah pasang widget ini untuk jaga-jaga. Siapa tahu ada yang berminat jadi follower blog saya. Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Hehheheehe....!!(*bb/blgs)

Referensi :
* http://opelangi.blogspot.com/2009/06/kenapa-widget-follower-sering-hilang.html


Artikel Terkait:


7 komentar:

  1. mas ihsan... please tolongin saya... widget followers saya juga ilang udah seminggu ga balik-balik... coba tolong bantu liatin page sourcenya... barangkali ada sesuatu yang buat widget followers saya ngumpet...

    BalasHapus
  2. Widget Followers saya juga hilang, kesel bener dah, dah nyicil2 orang buat jdi follower ehh malah hilang, kalo saya tau maling nya pasti saya tangkep.

    BalasHapus
  3. @Fahmi : Mungkin kode HTML mu ke hapus

    @SeAvancee : Hehehehe, tangkep langsung pukulin tuh malingnya hahaha

    BalasHapus
  4. Sob.. udah saya terapin tutorial ini tp masih jg widget follownya gak timbul knapa yah.. hmm...

    BalasHapus
  5. gan kok masih gk timbul juga ya widget follownya...
    tolong donk gan kasih tau...
    ni alamat blog saya
    http://blogcunayz.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. saya jg udh terapin awalnya sih muncul, tp pas upgrade Firefox 5.0 kok malah ilang lg, tolong saya sob gimna caranya

    BalasHapus
  7. kode warna merah yang dimaksud yang mana bos?

    BalasHapus

Komentator Blog Ini