Minggu, 10 April 2011

Blogger Luncurkan Template Versi Mobile

Blogger Luncurkan Template Versi Mobile
Kita tahu bahwa pengguna internet di Indonesia dan negara-negara lain begitu pesat. Hadirnya situs-situs jejaring sosial menjadi magnet kuat tumbuhnya internet di dunia ini. Di tahun ini (2010) saja pengguna facebook di Indonesia naik 200%. Dan juga twitter tidak mau kalah, dengan mudah membuat trending topik dari Indonesia karena penggunanya yang besar di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kemudahan untuk mengakses situs itu. Kita bisa dengan mudah mengaksesnya lewat handphone kita.

Setidaknya ada perubahan besar atau pangsa baru, yaitu berinternet lewat handphone atau mobile. Oleh sebab itu situs jejaring sosial yang menyediakan blog pun juga menyediakantemplate untuk versi mobile. Untuk wordpress bisa kita nikmati sudah lama, begitu juga dengan penyedia blog lokal sepertiblogdetik. Kita bisa melihat blog kita di handphone atau mobiledalam versi yang berbeda yang memang disesuaikan dengan mobileitu, yaitu sederhana dan ringan.

Dan kini blogger.com telah meluncurkan fitur baru template untuk versi mobile. Memang kelihatannya blogger selalu tertinggal dengan wordpress dalam memberikan fitur-fitur baru yang disesuaikan dengan zaman. Masih ingat saya ketika dulu kita diblogspot sulit belum ada kotak komentar di bawah postingan dan juga tidak bisa menampilkan avatar, padahal di wordpress sudah bisa dinikmati. Fitur template versi mobile ini akan lebih membuat blog kita ramah dengan internet mobile. Saat orang mengakses blog kita via handphone atau mobile maka mereka akan diarahkan (ditampilkan) blog kita dalam versi mobile yang berbeda jika diakses dari PC.

Cara Mengaktifkan Template Versi Mobile di Blogger
1. Login ke http://draft.blogger.com
2. Pilih Settings (pengaturan) >> Email & Mobile lalu pilih Ya
3. Jika kita ingin melihatnya hasilnya seperti apa, kita klik buttonMobile Preview atau Pratinjau Seluler
Blogger Luncurkan Template Versi Mobile
4. Jangan lupa disimpan dengan mengklik Save Settings atau Simpan Setelan
Blogger Luncurkan Template Versi Mobile
Bagi kita yang menampilkan google adsense, maka tetap akan tampil dan tampilanya pun akan disesuaikan dengan tampilan versi mobile. Dan mungkin juga bagi kita yang tidak langsung menggunakan template bawaan dari blogger.com tampilannya kurang sempurna. Dan alamat versi mobile bisa kita lihat seperti ini http://ichsanx.blogspot.com/?m=1


Artikel Terkait:


1 komentar:

  1. If you're looking for a good contextual advertising network, I suggest that you take a peek at Propeller Ads.

    BalasHapus

Komentator Blog Ini