Rabu, 13 April 2011

Tips Belanja Nyaman di Dunia Maya

Belanja lewat dunia maya alias “online shopping” menjadi pilihan banyak orang masa kini. Selain praktis, seringkali barang-barang yang ditawarkan pun berbeda dari yang ada di pasaran. Namun sebelum memutuskan berbelanja via internet, ada baiknya menyimak beberapa kiat dari Sheknows.com berikut.
1. Jangan malas browsing
Saat belanja lewat dunia maya, jangan malas untuk mencari aneka ragam toko online yang ada. Lain toko, lain pula yang ditawarkan. Mereka pun biasanya memiliki program promosi yang berbeda. Jangan buru-buru menentukan toko pilihan, sehingga Anda bisa mendapatkan barang yang benar-benar tepat.
2. Berbelanja di situs resmi
Jika barang yang Anda cari memiliki situs web resmi, sebaiknya berbelanjalah di sana. Selain barang yang dijual terjamin mutunya, biasanya situs resmi juga memiliki koleksi yang lebih lengkap ketimbang berbelanja di tempat lain.
3. Bandingkan harga
Banyak toko online memiliki koleksi yang sama, namun dengan harga yang berbeda. Jika tak ingin merasa rugi, rajin-rajinlah membandingkan harga, sehingga Anda mendapatkan penawaran yang paling baik.
4. Ongkos kirim
Jangan lupa untuk memperhitungkan ongkos kirim. Terkadang ongkos kirim yang tinggi membuat harga barang yang terkesan lebih murah, malah menjadi lebih mahal.
5. Reputasi penjual
Berbelanja di dunia online, dasarnya adalah kepercayaan antara penjual dan pembeli. Untuk itu, seringkali para penjual mencantumkan hasil ulasan dan pendapat pelanggan mengenai dirinya. Ulasan yang baik menunjukkan bahwa penjual tersebut bisa dipercaya, begitu pula sebaliknya.
6. Memastikan pesanan
Pastikan pesanan Anda sebelum meminta si penjual mengirimkannya. Hal ini dapat meminimalkan risiko kesalahan dalam pengiriman barang. Jika Anda berbelanja sepatu atau baju, pastikan ukuran yang dipesan sudah benar. Jika kurang yakin, ukurlah kembali badan atau kaki Anda, agar mendapatkan ukuran yang sesuai.
7. Perhatikan persyaratan pembelian
Jangan lupa untuk memperhatikan persyaratan yang diajukan penjual. Tak ada salahnya untuk bertanya lebih rinci. Misalnya, jika ada kesalahan, apakah mungkin barang yang telah dikirim bisa dikembalikan, dan sebagainya.
8. Metode pembayaran
Jangan lupa untuk memastikan metode pembayaran yang ada. Jika menggunakan kartu kredit, pastikan toko online pilihan Anda menjamin keamanannya. Kini banyak toko online yang memiliki program keamanan kartu kredit Anda seperti PayPal dan lain-lain.
Selamat berbelanja!



Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini