Minggu, 10 April 2011

Kabar Menyedihkan MyBlogLog Ditutup


Kabar Menyedihkan MyBlogLog Ditutup
Mybloglog menjadi partner blogger yang begitu populer di tahun 2007-2009 sebelum ada Google Friend connect atauFacebook social plugins. Sampai sekarang pun masih banyak yang menggunakannya. Mybloglog adalah tempat blogger untuk media membuat komunitas blognya. Layanan yang sejenis dengan mybloglog adalah blog catalog yaitu untuk berlangganan feed blog, mengetahui postingan terbaru dengan bergabung di dalam wadah mybloglog.

Mybloglog salah satu tempat untuk membentuk komunitas blog, untuk menampung pembaca-pembaca setia blog. Hampir sebagian blogger memasang widget dari mybloglog, (termasuk Belajar Ngeblog di BLOG). Karena membentuk komunitas untuk blog itu sangat banyak manfaatnya, dan salah satu medianya mybloglog. Dengan mudah orang meninggalkan jejak atau kita bisa tahu siapa yang baru saja datang di blog kita dengan recent visitor. Bahkan ada tutorialnya untuk memodifikasi tampilan widget mybloglog danmenampilkan avatar mybloglog di kotak komentar.

Ada kabar menyedihkan, kalau Mybloglog dihapus mulai tanggal 24 Maret 2011. Walau sebenarnya kita masih bisa melihatnya. Mybloglog adalah satu layanan yang dimiliki oleh Yahoo! Setelah diakusisi oleh Yahoo! Memang terasa lebih friendly karena bisa login atau sign up dengan akun Yahoo! Menurut kabar karena proses efisiensi yang dilakukan oleh Yahoo! Menyebabkan layanan Mybloglog di tutup dan disarankan memakai Yahoo! Pulse. Sebenarnya dua layanan itu sangat berbeda.

Menurut kabar dari blog yang membahas teknologi, khususnya internet. Banyak blogger yang merasa keberatan dengan penutupan atau penghentian layanan mybloglog. Memang masih ada manfaatnya dan sudah ada mungkin ribuan orang yang sudah gabung di komunitas mybloglog di blognya. Dan Blog Catalog siap untuk mengelola mybloglog. Dan kita tunggu saja nasib Mybloglog selanjutnya.

Memang semua itu zamannya, sama seperti friendster yang dulu populer kini digantikan oleh facebook atau twitter. Waktu akan terus menyeleksi ada yang bertahan dan mati. Sebagai blogger kita juga harus terus berubah, mengikuti perjalanan jaman. Jika mybloglog sudah ditutup dan tidak bisa dipakai, kita optimalkan Google Friend Connect, Facebook social plugins atau media-media untuk membentuk komunitas yang lain, tentunya yang friendly dengan pembaca blog kita. 


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini