Rabu, 13 April 2011

Cara Beriklan di Internet

Cara Beriklan di Internet
Perkembangan internetbegitu pesat di Indonesia, setiap orang hampir mengenal intenet. Salah satunya disebabkan oleh pemain dalam intenet itu sendiri. Misal facebook membuat orang ingin tahu internet, karena tentu saja facebook bisa dibuka pakai internet. Selain itu manfaat yang besar dari internet, misalnya; berita (informasi) terbaru mudah didapat, komunikasi dengan teman semakin mudah, dan lain-lain. Bagaimana sekarang ini internet menjadi pangsa pasar yang harus digarap dengan serius. Tentunya bagi perusahaan atau orang yang memiliki usaha akan melihat ini sebgai sarana untuk memperkenalkan produknya. Filosofi sederhananya di tempat yang ramai disitu adalah tempat yang efektif untuk beriklan,memperkenalkan produknya, baik itu berupa jasa maupun barang.

Lalu bagaimana cara beriklan di internet? Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Secara umum ada 3 cara, pertama kita melakukan sendiri, yaitu melakukan dengan ikut bergabung di sosial-sosial media yang banyak diikuti orang, misal facebook dan twitter. Tapi disitu juga perlu ahli-ahli di dunia marketing untuk bisa berhasil, Misalnya adalah salah satu produk es krim yang terkenal itu, mereka melakukan iklan secara terselubung di twitter dengan bantuan orang-orang yang memilki jumlah follower banyak dan berpengaruh. Melakukan kampanye marketing dan akhirnya berhasil dan sukses menciptakan hipe tentang es krim itu.

Kedua adalah beriklan di tempat yang memberikan jasa untuk menyebarkan iklannya di blog atau website. Untuk ini ada google adwords dan untuk pemain yang sudah lama, tapi juga banyak yang memberikan jasa sejenis untuk lokal yaitu adsensecamp dankumpulblogger. Untuk Beriklan, mungkin itu bukan tempat yang kurang tepat, karena cenderung isinya hanya iklan yang menjual mimpi, bagaimana kaya dalam waktu singkat dan tidak di tempatkan di blog atau web yang kurang sesuai dengan isi iklan. Sehingga menciptakan pandangan yang kurang percaya. Dan google adwords belum cukup untuk bisa memberikan manfaat, karena isinya yang katanya relevan dengan isi blog atau website ternyata kurang relevan dan kendala bahasa.

Yang ketiga adalah beriklan di media mainstream dan facebook. Misalnya di portal-portal berita seperti detikcom, kompasdotcom dan sebagainya. Ditempat itu memang traffic banyak, sudah lazim jika media menampilkkan iklan. Dan kelaziman itu membuat para pembaca tidak terlalu memperhatikan. Yang dicari adalah berita dan informasinya. Facebook yang konon menjadi pesaing googlemenjadi nomor satu di dunia maya, juga memberikan tempat untuk berinternet. Sama halnya dengan media mainstream, pengunjung tidak terlalu tertarik dengan iklannya.

Di bulan Agustus lalu hadir IDBlogNetwork, yang memberikan jasa melakukan kampanye marketing. Ini merupakan pemain baru yang langsung memberikan bukti. Banyak brand-brand besar yang bekerja sama dengannya. Seperti Telkom Flexi, Simpati Telkomsel,XL Blackberry Free Roaming, Kartu AS Telkomsel , iPhone 4 Telkomsel , Google Maps Telkomsel , Nokia OviLife Tools, Nokia N8 dan E5 dan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (KemenBudPar) RI. Karena konsepnya yang bagus, yaitu melakukan kampanye marketing (beriklan) di blog-blog yang ada di Indonesia.IDBlogNetwork membantu menghubungkan antara pengiklan dengan blogger. Kenapa blogger? Karena blogger adalah personal yang mimiliki kemampuan menyebarkan berita dan info yang efektif. Sama halnya seperti ini cara diatas yang pertama. Blogger mampu menciptakan sebuah tren dan pandangan terhadap sebuah produk. Ibaratnya iklan yang ada lakukan di internet dilaksanakan dari mulut ke mulut. Blogger satu memberikan informasi sejenis dan diikuti blogger yang lain. Sehingga secara anda melakukan pengenalan produk anda di internet.

IDBlogNetwork juga tidak sembarang memilih blog atau blogger. IDBlogNetwork hanya memilih blog yang berpage rank tinggi yang memiliki traffik banyak. Selain itu iklan yang dipasang ditempatkan di blog yang sesuai dengan isi dan jenis iklan.Caranya ada yang lewat banner (PPC) dan juga dengan mereview produk anda. Dan pilihan yang tepat jika Anda beriklan di internet dengan bantuan IDBlogNetwork


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini