Rabu, 20 April 2011

Cara Mudah Latihan Mengetik Cepat


Mengetik dengan sepuluh jari bagi sebagian orang  memang sulit, apalagi bagi yang baru mengenal komputer. Saya dulu waktu SMP yang seharusnya diajari trik mengetik dengan 10 jari tidak diajari oleh instrukturnya, lantaran males si instruktur komputernya (saya masuk terus loo waktu itu..). Nah, untung saja tidak lama ini saya menginstall Linux di komputer saya dan ada programnya yang saya anggap sebagai “guru” yang mengajarkan saya trik menulis dengan sepuluh jari dengan benar. :p
Sebenarnya bagaimana sih cara mengetik cepat itu? Apa ada pakem/dasar trik untuk mengetik 10 jari? Jawabannya pastinya ADA! Namun belum semua orang (termasuk yang sudah kenal lama dengan komputer) telah mengetahuinya. Yang saya ketahui, saya rangkum disini…
Untuk mengetik dengan 10 jari dengan cepat maka posisi jari wajib bertumpu pada posisi berikut:
  • Jari telunjuk tangan kiri harus siap pada tombol F pada keyboard. Jari tangan yang lainnya berderet ke kiri bertumpu pada satu-satu tombol keyboard. Detailnya jari tengah ada di tombol D, jari manis ada di tombol S, dan jari keingking ada di tombol A.
  • Sedangkan jari telunjuk tangan kanan harus siap pada tombol J, kemudian jari-jari tangan yang lain siap  berderet pada huruf K, L, dan ;.
  • Jempol harus siap selalu pada tombol spasi.
  • Untuk tombol-tombol yang lain menyesuaikan pada area jari. Dasarnya hanyalah diatas, yaitu telunjuk kiri pada F dan telunjuk kanan pada J.
Sudah tahu kan cara pengetikan yang benar supaya bisa mengetik cepat pafa komputer? Nah sekarang monggo dipraktekkan mengetik dengan posisi jari yang tepat.

Games Mengetik Cepat, KetaKetik

Sekarang ada sebuah games di Indonesia yang tujuannya untuk berkompetisi mengetik cepat loo… Sudah tahu belum? Namanya KetaKetik. Ya untuk iseng mengetahui kemampuan kecepatan kita mengetik, ndak apa-apa to ya?  Game ini berbahasa Indonesia, yang buat pastinya juga orang Indonesia. Namanya adalah om Triadi. Beliau adalah seorang developer sekaligus web desainer yang keren menurut saya. :)
permainan mempercepat mengetik
KetaKetik
Nah KetaKetik ini dibuat untuk manusia yang ingin belajar mengetik cepat dan mengadu kecepatannya. Unik sih, tadi saya sempat bermain namun hanya sebentar. Yang nomor satu masih teman saya, dan semuanya yang ikut itu juga teman Facebook saya. Lhoh kok nyantol ke Facebook?? Iya memang, game ini memang dihubungkan dengan Facebook, jadi kalau sampeyan maen KetaKetik, sampeyan bisa langsung memposting nilai pencapaian di Facebook Wall.
Halah, kok semakin beribet, langsung saja bagaimana cara memainkannya dan dimana game adu kecepatan mengetik, KetaKetik ini…
Oke, silakan monggo menuju link main KetaKetik. Nanti di share ya biar tahu teman-temannya ada game unik bikinan orang Indonesia. hihi… Ayo cuy cepet-cepetan ngetik!! ;-)


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentator Blog Ini