Selasa, 12 April 2011

Ciri-Ciri Orang yang Kreatif


kreatif
Ciri-Ciri Orang yang Kreatif
Kali ini akan berbagi tetang kehidupan yang diharapkan bisa memberikan inspirasi dan motivasi. Kemarin saya mengikuti sebuah perkuliah. Yang membahas tentang pendekatan pembelajaran. Untuk SD biasanya model pembelajarannya adalah PAKEM yaitu Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.  Saya bukanlah orang yang aktif di kelas, hanya suka mencatat yang menurut saya bisa menambah pengetahuan dan memberikan inspirasi, motivasi dan memberikan teori mengembangkan kecakapan hidup.
Banyak orang ingin menjadi kreatif, dan banyak orang yang mencari orang kreatif. Tentunyaorang kreatif itu punya ciri-ciri yang akan membedakan dengan yang tidak kreatif. Berikut ini ciri-ciri orang kreatif yang saya catat dari sebuah slide.

  • Rasa ingin tahu yang tinggi. Orang kreatif itu memiliki keinginan untuk belajar yang besar, baik itu dengan cara membaca, bertanya atau praktek langsung. Ada rasa yang ingin dipenuhi. Ada banyak pertanyaan, mengapa, bagaimana dan sebagaianya yang harus ia temukan jawabannya. Fenomena-fenomena di lingkungannya menjadi hal yang patut untuk dipelajari. Rasa ingin tahu yang tinggi berarti berbanding lurus dengan semangat belajar yang tinggi juga.
  • Memunculkan ide orisinil. Kreatif itu identik dengan ide. Orang yang kreatif akan memiliki ide-ide cemerlang yang orisinil. Dia menemukan ide itu sendiri, dan orang lain belum menemukannya. Ide itu bisa berupa cara memecahkan masalah atau alternatif untuk menghasilkan sesuatu. Belajar mengali ide, mencoba untuk mengaplikasikannya.
  • Selalu bersemangat dan pantang menyerah. Ada sebuah kalimat yang selalu diuatarakan penyiar di salah satu radio, yaitu “Semangat adalah bahan bakar kesuksesan”. Oarng kreatif adalah orang-orang yang akan sukses, mereka tak akan mudah untuk menyerah karena menghadapi sebuah persoalan. Mereka akan senantiasa bersemangat dalam menghadapi atau meraih sesuatu.
  • Toleran terhadap ketidakpastian dan perubahan. Dunia terus berkembang, ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami perubahan. Orang kreatif akan mengikuti perubahan ke arah yang lebih baik itu. Toleran terhadap ketidakpastian akan menimbulkan keberanian, ia tidak hanya terjebak dalam pemikiran yang sempit. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.
  • Fungsional, berguna dan bermanfaat. Orang kreatif adalah orang yang bisa memberikan manfaat pada orang lain dan lingkungannya. Ia akan selalu dinanti, dicari dan dibutuhkan. Itulah orang yang kreatif tidak ada ruginya.
Itulah dia ciri-ciri orang yang kreatif, saya adalah salah satu orang yang menginginkan bisa seperti itu. Mungkin anda juga? Atau mungkin pernah membaca atau mendengar ciri-ciri orang kreatif yang berbeda dengan di atas? Silahkan saja share di kolom komentar :D


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini