Selasa, 05 April 2011

Membuat Buku Tamu (Shoutmix) di Blogspot

Siang semuanya, kembali lagi dengan saya disini. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana memasang buku tamu di blog kita. Buku tamu untuk sebuah blog atau web bukan merupakan suatu keharusan menurut saya, tapi dengan menggunakan buku tamu kita dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung kita. Pesan-pesan penting dan singkat bisa ditulis di gadgetsatu ini, trus para pengunjung juga bisa mengungkapkan isi hati mereka mungkin saja pujian, kritik, permohonan dan lain-lain.

Menurut pengalaman selama memakai shoutbox di sidebar saya, bermacam -macam pesan yang masuk, ada yang memuji, ada yang ingin tukeran link, bahkan ada juga yang pernah mengkritik blogsaya, katanya blog saya kok mirip dengan blog tutorial yang udah ada. Terus saya bilang, kode-kode HTML yang saya pasang di tutorial ini memang masih banyak memakai dari blog lain, tapi sudahdimodifikasi sesuai dengan template yang saya pakai. Tulisan-tulisan yang saya pakai pun 90% berbeda. Memang blog saya sekarang ini baru berusia 1 bulan dan belum saya pasang buku tamu karena mungkin belum ada pengunjung yang mampir. Yah.. itulah pengalaman saya selama menggunakan buku tamu.

Oke, kita langsung aja ke pokok permasalahannya. Kita akan menggunakan jasa www.shoutmix.com. Selain bagus, shoutmix ini tergolong yang paling banyak di gunakan para blogger.
  1. Anda bisa langsung ke alamat ini www.shoutmix.com
  2. Kemudian pencet tombol Create Shoutbox
  3. Kemudian isikan data - data yang diperlukan.
  4. Setelah itu klik Control Panel.
  5. Pada gambar berikut, klik Get Codes.
  6. Atur lebar dan tinggi shoutmix, kemudian copy kode HTML kedalam notepad.
  7. Login ke Blogger dengan ID anda.
  8. Klik Tata Letak.
  9. Klik Elemen Halaman.
  10. Pilih yang HTML / Javascript.
  11. Lalu copy paste kode HTML yang tadi sobat simpan di notepad ke dalam kolom kosong yang tersedia.
  12. Kemudian Simpan.
Untuk mengatur bentuk shoutmix, sobat bisa tuju Settings -->> kemudian pilih Display -->> Style & Colors. Mungkin cuma itu yang bisa saya jelaskan. Kalau ada temen-temen lain yang lebih tahu cara pakai metode yang beda. Saya siap menerima masukan.

Semoga bermanfaat


Artikel Terkait:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentator Blog Ini